Breaking News:

Sudah Sembuh dari Covid-19 dan Kini Mau Vaksinasi? WHO Imbau Penyintas Perhatikan Dua Hal Ini

Penyintas Covid-19 atau orang yang sudah pernah terinfeksi virus corona pun harus mendapatkan vaksin Covid-19.

Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kaum milenial saat disuntik vaksin Covid-19 dalam vaksinasi massal massal yang digelar Perempuan Jenggala di Rupbasan Kelas I Cirebon, Jalan Kesambi, Kota Cirebon, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNCIREBON.COM- Kegiatan vaksinasi Covid-19 hingga saat ini masih gencar dilakukan pemerintah untuk memutus dan menekan penyebaran Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 tersebut dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat, mulai dari anak usia 12 tahun ke atas, mahasiswa, pekerja, lansia, hingga ibu hamil.

Tak hanya itu, penyintas Covid-19 atau orang yang sudah pernah terinfeksi virus corona pun harus mendapatkan vaksin Covid-19.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala ilmuan World Health Organization (WHO) Soumya Swaminathan mengatakan, terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan seorang penyintas Covid-19 sebelum melakukan vaksinasi Covid-19, yaitu waktu dan antibodi.

Soumya menjelaskan, setelah pulih dari Covid-19, para penyintas Covid-19 perlu menunggu beberapa minggu sebelum melakukan vaksinasi Covid-19. Hal ini seperti standar dari WHO, yaitu menunggu beberapa minggu setelah pulih.

“Ini karena Anda memiliki antibodi alami yang akan membuat Anda terlindungi setidaknya selama (jangka waktu) itu,” ungkap Soumya, dalam sesi wawancara, seperti dipublikasi akun YouTube resmi WHO, Jumat (20/8/2021).

Namun, lanjut dia, ada perbedaan aturan antar negara.

Terdapat beberapa negara yang menyarankan penyintas Covid-19 melakukan vaksinasi setelah menunggu selama tiga atau empat bulan setelah dinyatakan pulih dari Covid-19.

Hal tersebut terjadi karena di beberapa negara terjadi kekurangan pasokan vaksin Covid-19, sehingga penyintas Covid-19 diminta menunggu selama tiga atau enam bulan sampai stok vaksin Covid-19 tersedia.

Adapun perihal antibodi, ia memaparkan, terdapat perbedaan kondisi antibodi antara seseorang yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 dan yang sudah vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved