Breaking News:

Ada 7 Ekor Ular King Kobra Hasil Rescue di Kuningan, Rentul Sang Pawang Tunjukkan Cara Beri Makannya

Rinto alias Rentul sapaan akrab Warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kuningan kini memiliki sebanyak 7 ekor Ular King Kobra.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: dedy herdiana
Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Rinto alias Rentul sapaan akrab Warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kuningan kini memiliki sebanyak 7 ekor Ular King Kobra. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Rinto alias Rentul sapaan akrab Warga Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede, Kuningan kini memiliki sebanyak 7 ekor Ular King Kobra.

"Iya sekarang jumlah King Kobra ada 7 dan itu semua hasil penangkapan di alam dan lingkungan masyarakat," kata Rentul saat ditemui di rumahnya desa setempat, seraya menambahkan bahwa sebelumnya hanya empat ekor King Kobra, Jumat (8/10/2021).

Saat ditemui tadi, Rentul memberikan praktek cara beri makan pada Ular King Kobra miliknya.

"Jadi maaf ya, ini bukan penyiksaan. Saya berikan makan pada King Kobra sesuai dengan karakter alaminya, jadi dengan cara memberikan ular koros hidup - hidup lalu di mangsa King Kobra tadi," kata Rentul yang juga Anggota Komunitas Reptil Kuningan.

Dia menerangkan, kesetiaan sekaligus hobi pada hewan berbisa tetap harus waspada. Sebab hewan apapun itu hanya hidup berdasarkan insting.

"Kalau ular itu berreaksi dari jek opson atau persis berada lidahnya yang memiliki sensor. Sehingga alat itulah yang menjadikan ular hidup," katanya.

Menyinggung nama King Kobra sejumlah tadi, dia menyebutnya dengan mulai si Covid, Magrib, Pelor, Belo, Tengil, Garba dan si Buyut. Penamaan pada King Kobra itu jelas memiliki sejarah atau filosofi tersendiri.

"Ya, semua King Kobra yang ada di kami. Itu memiliki nama yang sesuai dengan sejarah atau historisnya. Misal untuk  si Covid itu dinamakan saat genjar Pandemi Covid19 berlangsung dan itu hasil penangkapan di hutan salah honje daerah Citangtu," katanya.

Kemudian, kata dia mengaklaim penamaan si Magrib pada King Kobra miliknya. Itu terjadi saat penangkapan dilakukan bersamaan adzan Magrib sewaktu Bulan Ramadhan kemarin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved