Breaking News:

BKPSDM Kabupaten Cirebon Terima Ajuan Cuti 10 ASN yang Mencalonkan Diri di Pilwu Serentak

Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Hilmy Rivai, mengatakan, sedikitnya terdapat 10 ASN yang mengajukan cuti kepada jajarannya.

Net
Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - BKPSDM Kabupaten Cirebon menerima pengajuan cuti dari sejumlah ASN  yang mencalonkan diri dalam Pemlihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2021.

Kepala BKPSDM Kabupaten Cirebon, Hilmy Rivai, mengatakan, sedikitnya terdapat 10 ASN yang mengajukan cuti kepada jajarannya.

Pihaknya memastikan berkas pengajuan cuti tersebut tengah diproses BKPSDM Kabupaten Cirebon dan dipastikan rampung dalam waktu dekat.

"Ada guru juga, tapi diprosesnya pengunduran diri, karena khusus guru tidak boleh cuti untuk mengikuti Pilwu," kata Hilmy Rivai saat ditemui di BKPSDM Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan, proses pengunduran diri atas permintaan sendiri (APS) juga membutuhkan waktu sehingga harus dikoordonasikan dengan panitia Pilwu.

Baca juga: Bupati Cirebon: Kecamatan Gempol Siap Laksanakan Pilwu Daring

Menurut dia, hal itu untuk menghindari polemik karena proses pengunduran dirinya melebihi batas waktu pendaftaran bakal calon kuwu.

Sementara bagi ASN nonguru dapat mengajukan cuti untuk mengikuti kontestasi demokrasi tingkat desa tanpa kehilangan statusnya.

Bahkan, durasi cuti ASN nonguru tidak ada batas waktunya sehingga jika terpilih kembali di periode selanjutnya maka tetap berstatus sebagai ASN.

"Setelah masa jabatannya sebagai kuwu selesai, bisa langsung bertugas kembali sebagai ASN," ujar Hilmy Rivai.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved