Breaking News:

HUT ke 76 RI

Mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada dan Eks Ketua DPR RI Setya Novanto Tak Dapat Remisi, Kenapa?

Sejumlah napi koruptor di Lapas Sukamiskin Bandung seperti Setya Novanto, Imam Nahrawi hingga Dada Rosada tidak mendapat remisi

Editor: Machmud Mubarok
Tribunjabar.id/Mega Nugraha
Sejumlah narapidana kasus korupsi mulai dari Setya Novanto hingga Dada Rosada di Lapas Sukamiskin ikut dalam kegiatan panen raya di Lapas Sukamiskin Bandung di Jalan AH Nasution, Kamis (28/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman.

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Sejumlah napi koruptor di Lapas Sukamiskin Bandung seperti Setya Novanto, Imam Nahrawi hingga Dada Rosada tidak mendapat remisi kemerdekaan.

Kalapas Sukamiskin Bandung, Elly Yuzar mengatakan, total ada 73 napi di Lapas Sukamiskin yang mendapatkan remisi Kemerdekaan. Dari 73 napi tersebut, 17 diantaranya merupakan napi dengan kasus korupsi.

"Ada 17 napi Tipikor dari 73 napi yang dapat remisi," ujar Elly Yuzar, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (17/8/2021).

Elly menyebut, mantan Wali Kota Tomohon, Jefferson Rumajar menjadi salah satu narapidana yang menerima potongan hukuman paling banyak, yakni selama enam bulan.

Baca juga: Duh, Para Pembunuh Sadis di Bandung Ini Justru Dapat Remisi Lebaran, Rata-rata 1 Bulan

Baca juga: Mangga Agrimania Khas Indramayu Jadi Hidangan di Istana Presiden pada HUT Ke-76 RI, Ini Kata Bupati

Sementara itu, mantan Ketua DPR RI Setya Novanto dan mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada tak mendapat remisi.

"Seingat saya Jefferson paling banyak enam bulan, dia kasus tipikor," katanya.

Menurut Elly, tak ada narapidana di Lapas Sukamiskin yang langsung bebas seusai menerima remisi.

"Tidak ada yang langsung bebas," ucapnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Kanwil Jawa Barat, Taufiqurakhman menambahkan, total ada 12.164 napi di sejumlah Lapas di Jawa Barat yang mendapatkan remisi kemerdekaan. Beberapa di antaranya bahkan diusulkan langsung bebas.

Taufiq mengatakan, jumlah yang diusulkan terdiri dari remisi umum I dan remisi umum II. Remisi umum I merupakan pemotongan masa hukuman, sedangkan remisi umum II diberikan kepada napi yang saat diberikan remisi langsung bebas.

Menurut Taufiq, napi yang mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas berjumlah 266 orang. Sedangkan yang mendapatkan remisi I sebanyak 11.898 orang.

"RU (remisi umum) II napi yang saat dapat remisi, sudah habis masa pidananya sehingga langsung bebas saat itu," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Puluhan napi koruptor di Lapas Sukamiskin diusulkan mendapatkan remisi kemerdekaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved