Breaking News:

CPNS Cirebon

Nih Contoh Soal Tes Intelegensi Umum CPNS 2021, Tes Numerik & Perhitungan, Ini Trik Mengerjakannya

Soal kemampuan numerik ini masuk dalam kategori Tes Intelegensi Umum (TIU) dan menjadi materi yang diujikan dalam ujian SKD CPNS.

tribunmanado
Penerimaan CPNS 2021 Dibuka 

TRIBUNCIREBON.COM - Salah satu materi yang terdapat dalam soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 yakni mengenai kemampuan numerik.

Soal kemampuan numerik ini masuk dalam kategori Tes Intelegensi Umum (TIU) dan menjadi materi yang diujikan dalam ujian SKD CPNS.

Seperti disebutkan dalam dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No 27 tahun 2021 tentang Pengadaan PNS, materi kemampuan numerik meliputi soal berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif serta soal cerita.

Ada berbagai tipe soal dalam tes berhitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan hingga kombinasi.

  • Contoh Soal

Berikut ini sejumlah contoh soal kemampuan numerik pada soal berhitung, dikutip dari buku terbitan Bimbel Bina Taruna Wiratama:

1. 0,75 x 8888 = ............

a. 4999 b. 6788 c. 7777 d. 6666

Pembahasan:

Dengan mengubah bentuk 0,75 menjadi % maka hal ini akan lebih sederhana dalam melakukan perkalian.

Dalam hal ini penggunaan insting diperlukan, dimana pada bilangan 4 & 8, 8 habis dibagi 4 sehingga dapat dilakukan penyederhanaan perhitungan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved