Breaking News:

MPLS 2021

Download Materi MPLS 2021 untuk SD dan SMP, Mulai Wawasan Wyata Mandala, Pramuka Hingga Bintal

Awal tahun ditandai dengan kegiatan MPLS bagi siswa.  Pelaksanaan MPLS SD dan SMP di Jawa Barat akan dilaksanakan pada 19 Juli hingga 21 Juli 2021.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
datadikdasmen.com
Tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai pada 19 Juli 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) 2021 dilaksanakan secara daring. 

TRIBUNCIREBON.COM -  Tahun ajaran baru 2021/2022 dimulai pada 19 Juli 2021. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat pelaksanaan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) 2021 dilaksanakan secara daring.

Awal tahun ditandai dengan kegiatan MPLS bagi siswa.  Pelaksanaan MPLS SD dan SMP di Jawa Barat akan dilaksanakan pada 19 Juli hingga 21 Juli 2021. Sementara MPLS 2021 untuk SMA, SMK, dan SLB di Jabar sudah digelar sejak Kamis 15 Juli 2021.

Namun, materi yang diperkenalkan kepada siswa baru adalah materi teoretis, sedangkan materi yang membutuhkan pengalaman di sekolah akan disampaikan ketika pandemi corona telah berlalu dan sekolah sudah diizinkan berjalan sebagaimana biasanya.

Dilansir dari datadikdasmen.com, berikut ini adalah beberapa alternatif Mode MPLS tahun 2021/2022 secara online dengan menggunakan beberapa aplikasi:
1. Video Conference
2. VLOG
3. Youtube
4. Facebook
5. ZOOM
6. WEBEX
7. DLL

Baca juga: Ganjar Pranowo Larang Sekolah Gelar MPLS Tatap Muka, Kita Belum Mengeluarkan Izin

Baca juga: DPRD Kuningan Turun Langsung Pantau MPLS Hari Pertama: Ada yang Berani Gelar Tatap Muka

Mekanisme MPLS 2021
1. Untuk teknik penilaian dalam asesment terstruktur harus sesuai dengan jenis kegiatan, yang terdiri dari: observasi, partisipasi, unjuk kerja, tes tertulis, tes lisan, atau angket

2. Instrumen penilaian yang digunakan harus mampu mengukur kemampuan peserta didik saat kegiatan daring dalam berbuat kebaikan dari rumah, seperti: penilaian proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran dilakukan terhadap portofolio yang menggambarkan unjuk kerja peserta didik, dan penilaian sikap dapat
menggunakan teknik penilaian observasi selama kegiatan MPLS daring

3. Setelah dilakukan penilaian, panitia berkewajiban untuk memberikan feed back atau balikan dan menyampaikan hasil belajar ke peserta didik

4. Panitia juga dapat memberikan penghargaan pada peserta didik dengan proses belajar yang paling baik

Alternatif Pelaksanaan MPLS 2021
Pada hari pertama MPLS, kegiatan awal bertujuan untuk membantu peserta didik baru
beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.

 Selanjutnya adalah kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan motivasi untuk semangat dalam belajar dan interaksi sosial. Berikut adalah alternatif kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved