Breaking News:

Idul Adha 1442 H

Anak Buah Cak Imin, Prabowo, dan Zulhas di Kuningan Potong Hewan Kurban untuk Dibagikan ke Warga

anak buah Cak Imin (PKB) dan Prabowo (Gerindra) di Kuningan turun melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok
TribunCirebon.com/Ahmad Ripai
Suasana pemotongan dan pembagian daging kurban di rumah Anggota DPRD Kuningan Sri Laelasari di Kecamatan Kuningan, Selasa (20/7/2021). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Hari pertama perayaan Idul Adha 1442 Hijriyah, Selasa (20/7/2021), anak buah Cak Imin (PKB) dan Prabowo (Gerindra) di Kuningan turun melaksanakan penyembelihan hewan kurban.

"Kebetulan tahun sekarang, saya potong dua sapi dengan bobot sekitar 5 kintalan, sekarang ini di potong di Desa Ciherang dan besok akan di potong di Desa Jagara, Kecamatan Kadugede," ungkap Susanto yang juga Anggota DPRD Kuningan saat ditemui pemotongan hewan kurban tadi, Selasa (20/7/2021).

Susanto mengatakan dalam pelaksanaan kurban sekarang sekaligus sebagai ungkapan syukur dalam momentum kelahiran PKB.

"Semoga dalam kurbanan sekarang menjadi motivasi kebaikan kami sebagai kepanjangan masyarakat dalam memberikan kesejahteraan dengan berbagi daging kurban ini," katanya.

Baca juga: INI Sejarah Idul Adha Sehingga Dikenal Sebagai Hari Raya Kurban, Bermula dari Pengorbanan Ismail

Baca juga: Kapolres Kuningan Bagi-bagi Daging Kurban, Ada 14 Ekor Kambing dan 7 Ekor Sapi yang Disembelih

Tidak menutup kemungkinan juga, kata Susanto mengaku bahwa ini sebagai modal kepercayaan sosok ketua umum PKB serta Ketua DPC PKB Kuningan, Ujang Kosasih yang berniat untuk ikut bursa Pilkada Kuningan mendatang.

"Iya, pelaksanaan kurban sekarang sapusan sapusin (seraya) mendoakan tokoh PKB untuk menjadi Presiden dan Pak Ujang Kosasih menjadi Bupati Kuningan," ujarnya.

Menyinggung soal pelaksanaan, kata Susanto menyebut bahwa kegiatan ini tetap memperhatikan dan selalu menjaga prokes Covid-19.

"Ya untuk kepanitiaan, kami batasi dan bisa dilihat langsung. Kemudian dalam pengerjaannya juga melibatkan pegawai profesional dengan tujuan agar cepat beres dan tidak mengundang kerumunan," ungkapnya.

Hal serupa juga dilaksanakan Sri Laelasari yang kebetulan Anggota DPRD Kuningan dari Partai Gerindra dari  daerah pilihan Kecamatan Ciniru, Kuningan, Garawangi, Hantara, Cigugur dan Kecamatan Sindangagung.

"Ya untuk korban tahun sekarang, kami keluarkan sebagai 6 ekor kambing. Untuk pemotongan terpusat dan panitia juga tinggal membagikan secara door to door," katanya.

Sri mengungkap pelaksanaan kurban ini, selain sebagai bentuk ibadah secara horizontal, juga secara vertikal.

"Iya, semua dalam kehidupan tentu memiliki arti daripada nilai ibadah. Kesempatan Idul Adha, kita potong hewan kurban untuk menyerahkan dan bersyukur kepada sang khalik. Kemudian secara sosial kita juga peduli warga sesama. Apalagi saat Pandemi Covid-19 sekarang ini banyak terdampak," ujarnya.

Terpisah H Udin Kusnedi yang juga Anggota DPRD asal PAN ini mengatakan, pelaksanaan kurban seperti sekarang itu merupakan rutinitas di lingkungan masyarakat dan keluarga. 

"Betul, dalam setiap tahunnya. Kita sudah menjadikan penyembelihan hewan kurban ini menjadi tradisi yang tidak lepas dilakukan di lingkungan keluarga dan masyarakat," kata Udin yang juga Bos Bayem saat ditemui di lokasi pemotongan hewan kurban di Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved