Breaking News:

Masih DItemukan Hewan Kurban Sakit dan Belum Cukup Umur, DPPKP Kota Cirebon: Jangan Dijual

Namun, menurut dia, jumlah hewan kurban yang sakit dan umurnya belum memenuhi syarat tidak terlalu banyak yang ditemukan di lapangan.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat mengecek hewan kurban yang dijual di wilayah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (19/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon tampaknya masih menemukan hewan kurban belum cukup umur dijual.

Kepala DPPKP Kota Cirebon, Yati Rohayati, tidak menampik menemukan aksi tersebut dari hasil pengecekan lapangan yang berlangsung sejak pekan lalu.

Namun, Yati tidak merinci berapa banyak hewan kurban belum cukup umur yang dijual dan lokasinya di mana saja.

"Kami meminta agar hewan kurban yang belum cukup umur jangan dijual, karena tidak memenuhi syarat dikurbankan," ujar Yati Rohayati kepada Tribuncirebon.com, Senin (19/7/2021).

Petugas saat mengecek hewan kurban yang dijual di wilayah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (19/7/2021).
Petugas saat mengecek hewan kurban yang dijual di wilayah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (19/7/2021). (Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi)

Ia mengatakan, hewan kurban belum cukup umur dapat dilihat dari struktur giginya sehingga masyarakat dapat mengecek langsung saat hendak membeli.

Jika gigi susunya sudah berganti menjadi gigi permanen maka hewan tersebut dipastikan berusia satu tahun atau lebih dan memenuhi syarat dikurbankan.

Pihaknya juga telah memperingatkan penjual agar jangan menjual hewan kurban yang belum cukup umur karena tidak memenuhi syarat.

"Kami juga menemukan beberapa hewan kurban yang memiliki penyakit, namun bisa diobati dan bisa sembuh cepat," kata Yati Rohayati.

Yati menyampaikan, petugas yang mengecek kondisi hewan kurban langsung mengobati saat ditemukan ada yang sakit.

Namun, menurut dia, jumlah hewan kurban yang sakit dan umurnya belum memenuhi syarat tidak terlalu banyak yang ditemukan di lapangan.

"Penyakit yang diidap hewan kurban tersebut tergolong ringan, sehingga dipastikan sembuh dalam beberapa hari," ujar Yati Rohayati.

Baca juga: Menjelang Idul Adha 1442 H, DPPKP Kota Cirebon Cek Kondisi Hewan Kurban

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved