Breaking News:

Menjelang Idul Adha 1442 H, DPPKP Kota Cirebon Cek Kondisi Hewan Kurban

Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon mengecek kondisi hewan kurban yang dijual di Kota Cirebon.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Petugas saat mengecek hewan kurban yang dijual di wilayah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (19/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon mengecek kondisi hewan kurban yang dijual di Kota Cirebon.

Kepala DPPKP Kota Cirebon, Yati Rohayati, mengatakan, pengecekan tersebut untuk memastikan kondisi hewan kurban layak dikonsumsi dan meenuhi persyaratan.

Menurut dia, terdapat lima tim yang ditugaskan mengecek hewan kurban di lima kecamatan se-Kota Cirebon sejak pekan lalu.

Baca juga: Kondisi Terkini Rizieq Shihab di Rutan Mabes Polri, Ikut Berkurban di Hari Raya Idul Adha 1442 H

"Tim ini bekerja setiap hari di seluruh kecamatan, dan hari ini pengecekan terakhir," ujar Yati Rohayati kepada Tribuncirebon.com, Senin (19/7/2021).

Ia mengatakan, para petugas mendatangi satu persatu tempat penjualan hewan kurban di seluruh wilayah Kota Udang.

Mereka mengecek kondisi kesehatan dan pemeriksaan lainnya untuk memastikan bahwa hewan kurban yang djual memenuhi persyaratan.

Baca juga: Tantri Kotak Kesulitan Cari RS untuk Orangtuanya yang Kena Covid-19, Akhirnya Isoman Dipantau Dokter

Pihaknya memastikan, dari hasil pemantauan lapangan sejauh ini seluruh hewan kurban yang dijual di Kota Cirebon kondisinya sehat.

"Pengecekan di seluruh kecamatan Kota Cirebon sudah selesai. Ada 1000-an kambing dan domba serta 250-an sapi yang dicek," kata Yati Rohayati.

Yati menyampaikan, hari ini pengecekan hewan kurban berlangsung di tempat penjualan di daerah Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Pihaknya pun menerjunkan full tim, karena jumlah penjual hewan kurban di daerah tersebut merupakan yang terbanyak di Kota Cirebon.

Dalam pengecekan itu, para petugas tampak memeriksa kondisi fisik dan kesehatan setiap hewan kurban yang dijual.

Selain itu, petugas pun terlihat mengecek gigi hewan kurban tersebut untuk memastikan bahwa umurnya telah mencukupi dan memenuhi syarat.

Jika dinyatakan sehat, maka petugas langsung memasang cap khusus pada hewan kurban itu sebagai tanda telah dicek dan kondisinya memenuhi syarat dikurbankan.

"Kami mengimbau warga membeli hewan kurban yang telah dicap, karena kondisinya dipastikan sehat, dari segi umurnya mencukupi, dan layak dikonsumsi," ujar Yati Rohayati.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved