Breaking News:

Belasan Warga Binaan Lapas Kelas II A Kuningan Dibebaskan, Ini Kata Kalapas

Sebanyak 12 warga binaan pemasyarakatan alias WBP Lapas Kelas II A Cijoho, Kuningan Jawa Barat dibebaskan.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Mutiara Suci Erlanti
Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Sebanyak 12 warga binaan pemasyarakatan alias WBP Lapas Kelas II A Cijoho, Kuningan Jawa Barat dibebaskan. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Sebanyak 12 warga binaan pemasyarakatan alias WBP Lapas Kelas II A Cijoho, Kuningan Jawa Barat dibebaskan.

Hal itu menyusul dengan kelengkapan administrasi yang tersusun berdasar kebijakan program asimilasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

Demikian hal itu dikatakan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Cijoho Kuningan, Gumilar Budirahayu saat sedang melakukan prosesi perpisahan atau penyerahan warga binaan kepada pihak keluarga masing - masing di halaman Lapas setempat, Senin (19/7/2021).

Dari 12 warga binaan pemasyarakatan sebelumnya, kata Gumilar Budirahayu mengaku ada satu yang masuk dalam program pembebasan bersyarat (PB).

Baca juga: Wanita Ini Pakai Cara Unik Hukum Suaminya yang Hamili Tetangga, Kisahnya Sampai Viral di TikTok

"Sejak hari ini mereka bebas dan tapi masih harus melapor dalam  beberapa hari di waktu tentu,  bentuk laporan itu menyatakan bahwa benar mereka akan berubah dan tidak mengulangi perbuatan sebelumnya hingga menjalani hukuman," katanya.

Mengingat masa PPKM Darurat, Gumilar Budirahayu mengaku sudah berkoordinasi dengan Petugas Satgas Covid-19.

Terutama dalam penyediaan tempat atau kurungan bagi warga yang dianggap melakukan pelanggaran yang tak bisa bayar denda.

"Iya untuk tempat atau kurungan bagi pelanggar PPKM Darurat, kami juga sediakan dan tempatnya jelas dibedakan dengan warga binaan Lapas lainnya. Untuk tempat itu paling di sekitar masjid di dalam sana," ujarnya.

Selain itu, kata Gumilar Budirahayu menyebut selama PPKM Darurat atau di masa Pandemi Covid-19.

"Sejumlah lapas sudah mendapat fasilitas kesehatan, seperti mengikuti vaksinasi dan pemberian vitamin serta perawatan kesehatan saat kemarin ada yang terpapar Covid-19," katanya. (*)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved