Breaking News:

451 Sapi di Ciamis Tak Layak untuk Kurban, Juga ada 83 Domba, 68 Kambing dan 2 Kerbau

Dari 604 ekor yang tidak lolos atau tidak memenuhi syarat jadi hewan kurban tersebut menurut drh Asri, yakni 451 sapi, 83 domba, 68 kambing, 2 kerbai

Editor: dedy herdiana
Dok Tim Kesmavet Disnakan Ciamis
Cek kesehatan – Petugas dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis mengecek kondisi kesehatan dan kelayakan ternak yang akan dijadikan hewan kurban. Sejak tanggal 5/7 sampai 12/7 sudah ada 2.300 ekor ternak yang diperiksa. Sbanyak 604 ekor ternak dinyatakan tidak memenuhi syarat termasuk 451 ekor sapi dan 2 ekor kerbau 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM,CIAMIS – Dari 2.300 hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatannya oleh Tim Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis terjaring 604 ekor yang tidak layak untuk jadi hewan kurban.

“Itu hasil pemeriksaan sejak tanggal 5/7 sampai 12/7. Sudah ada 2.300 ekor ternak yang diperiksa. Hasilnya  1.764 ekor dinyatakan sehat dan layak jadi hewan kurban. Sedangkan 604  ekor tidak lolos,” ujar Kasi Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, drh Asri Kurnia kepada Tribun Kamis (15/7).

Dari 604 ekor yang tidak lolos atau tidak memenuhi syarat jadi hewan kurban tersebut menurut drh Asri, rinciannya 451 ekor sapi, 83 ekor domba, 68 ekor kambing dan 2 ekor kerbau.   

Baca juga: Khutbah Idul Adha 1442 H Saat PPKM Darurat, Cocok Buat Anda yang Salat Ied di Rumah Bareng Keluarga

Baca juga: Cara Cek Hewan Kurban yang Anda Beli Sehat dan Layak atau Tidak Melalui Aplikasi e-Selamat

Ke-2 ekor kerbau yang gagal dan dinyatakan tidak layak jadi hewan kurban tersebut kataya lantaran berjenis kelamin betina dan masih produktif. “Masing-masing satu ekor dari Rancah dan Panumbangan,” katanya.

Sedangkan 451 ekor sapi yang gagal mendapatkan kalung “S” tidak layak jadi hewan kurban menurut drh Asri sebagian besar lantaran belum cukup umur sesuai syarat kurban (usia 2 tahu, yang ditandai dengan copotnya gigi susu).   

”Hanya sekitar 1% yang gagal karena sakit. Ada beberapa ekor sapi yang tidak sehat, kondisi demam ditandai dengan cungurnya yang kering,” jelas drh Asri.

Menjelang hari raya Iduladha, Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis telah menurunkan 40 orang petugas yang dibagi atas 5 tim. Guna menyasar mengecek  ternak yang akan dijulan untuk hewan kurban.

Lokasi yang menjadi target pemeriksaan adalah kandang peternak, kndang stok hewan kurban yang dikelola bandar serta lapak penjualan ternak kurban. Termasuk pasar ternak.

Pemeriksaan kesehatan ternak kurban tersebut dilakukan sejak tanggal 5/7 sampai 19/7.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved