Breaking News:

Virus Corona di Kuningan

Duh, di Kuningan, 5 hingga 10 Puskesmas Tutup Karena Tenaga Kesehatan Banyak yang Positif Covid-19

Memasuki PPKM Darurat hingga saat ini, ada sebanyak 270 tenaga kesehatan di Kabupaten Kuningan terkonfirmasi positif Covid-19.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Fauzie Pradita Abbas
(EPA via AlJazeera)
Staf kesehatan membawa seorang pasien ke dalam rumah sakit Jinyintan, China. Hingga Jumat (24/1/2020) siang waktu setempat, 26 orang di China meninggal akibat virus corona. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Ratusan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas di Kabupaten Kuningan terpapar Covid-19.

Akibatnya, lebih dari lima puskesmas tutup sementara di Kabupaten Kuningan.

"Sebanyak 10 Puskes tersebar di Kuningan menjalani pelayanan dengan sistem On - Off," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Kuningan, Susi Lusianti saat memberikan keterangan kepada Tribun Jabar, Senin (5/7/2021).

Sistem on - off ini diberlakukan jika terjadi paparan kasus pada tenaga kesehatan dengan jumlah lebih 50 persen dari total pegawai. Hal itu otomatis dilakukan penutupan atau tidak memberikan pelayanan kesehatan pada biasanya.

"Sistem on - off ini terjadi saat jumlah lebih 50 persen tenaga kesehatan Positif Covid-19, itu otomatis Puskesmas tutup sementara atau hingga sekitar 4 - 6 harian," ujarnya.

Memasuki PPKM Darurat hingga saat ini, ada sebanyak 270 tenaga kesehatan di Kabupaten Kuningan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk data Nakes terpapar hingga kini hampir 300 Nakes. Mereka menjalani isolasi mandiri dengan berbeda waktu dan hari di Rumah Sakit dan di masing - masing rumah sendir," ungkap

Baca juga: Cegah RS di Indramayu Tutup, Bupati: Harus Izin Saya, Jangan Sembarangan Tutup

Dampak jumlah tenaga kesehatan positif Covid-19, kata Susi mengaku bahwa ini terjadi di setiap daerah satuan kerja pelayanan kesehatan masyarakat dan di Kantor Dinas Kesehatan serta rumah sakit pemerintah.

"Ya Nakes terkonfirmasi positif Covid19 itu hampir merata ada di setiap Puskesmas. Sehingga dalam pelayanan kesehatan, Puskesmas lakukan sistem On - Off," ujarnya.

Adapun saat PPKM Darurat yang sudah diberlakukan sejak 3 Juli hingga 20 Juli, dia menyebut ada 270 tenaga kesehatan di Kabupaten Kuningan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Untuk data tenaga kesehatn terpapar hingga kini hampir 300 orang. Mereka menjalani isolasi mandiri dengan berbeda waktu dan hari di rumah sakit dan di masing - masing rumah sendir," ungkap ujar dia.

Dampak jumlah tenaga kesehatan positif Covid-19, kata Susi, itu terjadi di setiap daerah satuan kerja pelayanan kesehatan masyarakat dan di Kantor Dinas Kesehatan serta rumah sakit pemerintah.

"Ya Nakes terkonfirmasi positif Covid-19 itu hampir merata ada di setiap Puskesmas. Sehingga dalam pelayanan kesehatan, Puskesmas lakukan sistem On - Off," ujarnya.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved