Breaking News:

Petugas Damkar Kuningan Tangkap Ular Kobra Jawa Sepanjang 1,5 Meter, Si Ular Sembunyi di Kamar Mandi

Petugas Damkar Kuningan berhasil menangkap ular jenis kobra dengan panjang 1.5 meter di sebuah rumah warga di Perumanan Pesona Ancaran

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Machmud Mubarok

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Petugas Damkar Kuningan berhasil menangkap ular jenis kobra dengan panjang 1.5 meter di sebuah rumah warga di Perumanan Pesona Ancaran, Kecamatan Kuningan. Penangkapan ular itu dilakukan setelah ada laporan masuk ke Markas Damkar Kamis (1/7/2021) sekitar pukul 20.00.

Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi mengatakan, ular sendok jawa atau kobra jawa adalah spesies ular sendok yang endemik di pulau Jawa dan Nusa Tenggara. Sebutan ular ini dalam bahasa Inggris adalah Javan spitting cobra.

"Penangkapan ini sebagai pelayanan masyarakat dan ular ini adalah salah satu jenis kobra yang mampu menyemprotkan racun bisa ke arah pengganggunya," katanya.

"Ular tersebut berhasil ditangkap di kamar mandi rumah milik Fikri (20) yang beralamat di Perumahan Pesona Ancaran RT 35 RW 01 Kecamatan Kuningan," ujarnya. 

Ular Mematikan

Ular kobra adalah salah satu jenis ular yang berbahaya dan berbisa serta mampu membunuh manusia. Ular kobra mampu menegakkan dan memipihkan lehernya.

Leher memipih dan melengkung itu bentuknya seperti sendok.  Itu biasanya terjadi jika kobra merasa terganggu oleh musuhnya. Panjang ular ini bisa mencapai lima meter.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015) seperti dikutip Kompas.com, jika sebagian besar tulang rusuk Kobran itu untuk membentuk tudung. Tudung adalah suatu yang dipakai untuk menutup atau melingkupi bagian atas kepala.

Kobra memiliki indera penciuman dan penglihatan yang sangat tajam. Konon kedua indera ular Kobra mampu mengawasi mangsanya dari jarak sekitar 100 meter. Itu yang menjadi salah satu cara Kobra berburu untuk mencari mangsa.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved