Breaking News:

Kasus Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab Hari Ini Sampaikan Pledoi Kasus RS Ummi Setelah Dituntut 6 Tahun Penjara

Humas PN Jakarta Timur, Alex Adam Faisal, mengatakan, agenda sidang adalah pembacaan pleidoi dari terdakwa Habib Rizieq Shihab.

Tribunnews
Habib Rizieq Shihab menjadi tersangka kasus kerumunan massa di Petamburan, Jakarta Pusat. 

TRIBUNCIREBON.COM, JAKARTA - Mantan ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab dijadwalkan menjalani sidang lanjutan kasus tes usap (swab test) di RS Ummi Bogor di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (9/6/2021) ini.

Humas PN Jakarta Timur, Alex Adam Faisal, mengatakan, agenda sidang adalah pembacaan pleidoi dari terdakwa Habib Rizieq Shihab.

"Agenda sidang (hari ini) pembacaan pleidoi atau nota pembelaan dari terdakwa dan penasihat hukum," kata Alex dalam keterangannya.

Secara terpisah, kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar, mengatakan, pihaknya akan menyiapkan materi-materi yang menguatkan pleidoi.

"Yang menguatkan adalah bahwa memang penerapan pasal-pasal (tuntutan dari jaksa) tidak lepas dari unsur politik," kata Aziz kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Rizieq Shihab dengan hukuman enam tahun penjara dalam kasus tes usap di RS Ummi.

Tuntutan itu dibacakan JPU dari ruang sidang utama PN Jakarta Timur, Kamis, pekan lalu.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Muhammad Rizieq bin Husein Shihab alias Habib Muhammad Rizieq selama enam tahun penjara," kata jaksa.

Hukuman itu dipotong masa tahanan yang telah dijalani Rizieq selama proses hukum berjalan.

Rizieq diyakini bersalah dan melanggar dakwaan primer, yakni Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1. Jaksa membeberkan hal-hal yang memberatkan Rizieq di kasus itu.

Halaman
12
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved