Breaking News:

Menilik Masjid Kuno Bondan, Masjid Tertua di Indramayu, Dibangun Satu Malam Oleh Syekh Datuk Kahfi

Masjid Kuno Bondan yang terletak di Blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu masih terlihat kokoh.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Masjid Kuno Bondan yang terletak di Blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, Minggu (18/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Masjid Kuno Bondan yang terletak di Blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu masih terlihat kokoh.

Padahal usianya sudah sekitar 600 tahunan, masjid ini berdiri pada tahun 1414 masehi sekaligus masjid tertua yang ada di Kabupaten Indramayu bahkan di Ciayumajakuning khususnya.

Baca juga: Pulang Kampung Anies Baswedan Salat Tarawih dan Ceramah di Masjid Syiarul Islam Kabupaten Kuningan

Baca juga: Jadwal Azan Maghrib dan Imsakiyah Indramayu Hari Ini, Minggu 18 April 2021, Lengkap Doa Buka Puasa

Hal tersebut diketahui pada kubah masjid kuno tersebut, warga setempat menyebut kubah itu dengan sebutan momolo yang terbuat dari tabah liat.

Momolo ini berbentuk semacam menara dengan empat sisi, yang memiliki arti syariat tarikat hakikat makrifat.

"Tahunya dibangun 1414 masehi itu dari tulisan yang tertera pada momolo itu," ujar salah satu pengurus Masjid Kuno Bondan, Nudiyalis sholat (26) saat ditemui Tribuncirebon.com, Minggu (18/4/2021).

Masjid Kuno Bondan yang terletak di Blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, Minggu (18/4/2021).
Masjid Kuno Bondan yang terletak di Blok Sapu Angin Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu, Minggu (18/4/2021). (Tribuncirebon.com/Handhika Rahman)

Nudiyalis sholat menceritakan, masjid kuno ini juga memiliki banyak sebutan, mulai dari Masjid Kuno Bondan, Masjid Sapu Angin, hingga Masjid Darussajidin Bondan Barat.

"Tapi yang terkenal itu masjid Kuno Bondan dan Masjid Sapu Angin," ujar dia.

Adapun pendiri dari masjid ini diketahui adalah Syekh Datuk Kahfi atau yang juga familiar dikenal dengan sebutan Syekh Nurjati.

Namun, masyarakat setempat, disebutkan Nudiyalis Sholat lebih mengenalnya dengan julukan Syekh Bayanillah karena letak lokasi masjid yang berada di bantaran Sungai Cimanuk.

Halaman
12
Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved