Breaking News:

Ramadan 1442 H

Cara Ibadah di Bulan Ramadan 2021 Masa Pandemi, Mulai Tarawih, Nuzulul Quran hingga Shalat Ied

Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kementerian Agama terbitkan edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan1442 H/2021 M dan Idul Fitri

Istimewa
Pelaksanaan Salat Tarawih di Pondok Pesantren Al-Quraniyah, di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu, Kamis (23/4/2020). Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kementerian Agama menerbitkan edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan1442 H/2021 M dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.  

TRIBUNCIREBON.COM - Ramadan tahun ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. Kementerian Agama menerbitkan edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan1442 H/2021 M dan Idul Fitri 1442 H/2021 M. 

Edaran ini ditujukan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, Ketua Badan Amil Zakat Nasional, Kepala Kankemenag Kab/Kota, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Indonesia, serta para Pengurus dan Pengelola Masjid dan Mushala.

Surat Edaran ini ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin (5/4/2021) ini.

"Surat Edaran ini bertujuan untuk memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19," jelas Gus Menteri di Jakarta, Senin (5/4/2021).

"Surat Edaran ini melingkupi berbagai kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan Ramadan dan dilakukan bersama-sama atau melibatkan banyak orang," sambungnya.

ILUSTRASI - Anak menunggu waktu berbuka puasa.
ILUSTRASI - Anak menunggu waktu berbuka puasa. (Tribunjabar.id/Gani Kurniawan)

Baca juga: Pemerintah Larang Mudik, Hanya Orang-orang Ini yang Boleh ke Luar Jakarta saat Lebaran 2021

Baca juga: INNALILLAHI, Camat dan Sekcam Jalancagak Meninggal Dunia Positif Covid-19, Sempat Sekali Divaksin

Baca juga: Guru di Bandung yang Belum Divaksin Covid-19 Jangan Harap Dapat Izin Mengajar Tatap Muka dari Disdik

Berikut ini panduan yang tertuang dalam Surat Edaran No 03 tahun 2021:

1. Umat Islam, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar'i lainnya yang dapat dibenarkan, wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan sesuai hukum syariah dan tata cara ibadah yang ditentukan agama;

2. Sahur dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti;

3. Dalam hal kegiatan Buka Puasa Bersama tetap dilaksanakan, harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50% dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan;

4. Pengurus masjid/musala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain:

Halaman
12
Editor: dedy herdiana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved