Breaking News:

Jembatan Majalengka Sumedang Putus

Jembatan Gantung Siliwangi/ III Hum 54 Terputus, Begini Respons Dandim Sumedang 

akibat aliran arus air yang deras itu menyebabkan 14 seling jembatan tersebut terputus total, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Istimewa
Jembatan Gantung Siliwangi/ III Hum 54 yang berada di Dusun Balerante, Desa Palabuan, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang terputus, Kamis (25/3/2021) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, SUMEDANG - Jembatan Gantung Siliwangi/ III Hum 54 yang berada di Dusun Balerante, Desa Palabuan, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang terputus, Kamis (25/3/2021) sore.

Jembatan gantung yang berada di atas Sungai Cimanuk ini merupakan jembatan penghubung antara Desa Babakan Anyar, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka dan Desa Palabuan, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Dandim 0610/Sumedang, Letkol Inf  Zaenal Mustofa mengatakan, jembatan tersebut terputus setelah terjadi hujan dengan intensitas tinggi dari mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB.

"Sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Cimanuk dan Sungai Cilutung di Desa Palabuan, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang yang mengakibatkan Jembatan Gantung Siliwangi/ III Hum 54 terputus total," ujarnya melalui pesan singkat, Jumat (26/3/2021).

Menurut Zaenal, penyebab putusnya jembatan tersebut dikarenakan seling atas jembatan putus sehingga jembatan menjadi miring dan ditambah harus menahan derasnya arus air.

"Kemudian karena tidak kuat menahan arus air, seling bawah gapura titik B putus, kemudian jembatan ketarik ke gapura titik A dan terdampar di bantaran Sungai titik A Desa Babakan Anyar," kata Zaenal.

Baca juga: Ramalan 12 Zodiak Besok, Sabtu 27 Maret 2021: Cancer Jangan Ikut Campur, Virgo Ada Masalah Keuangan

Baca juga: Heboh Wanita Mau Jual Ginjal Seharga Rp 500 Juta Demi Bayar Utang, Bupati Lumajang Tawarkan Bantuan

Baca juga: Tidak Ada Hujan, Air Sungai Cimanuk Meluap di Indramayu, Kiriman dari Sumedang Selatan

Ia mengatakan, akibat aliran arus air yang deras itu menyebabkan 14 seling jembatan tersebut terputus total, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Zaenal memastikan, pihaknya bakal langsung memperbaiki kerusakan jembatan lini karena keberadaannya banyak dibutuhkan masyarakat.

Untuk memperbaiki jembatan yang diresmikan oleh Pangdam III/Siliwangi ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Vertical Rescue Indonesia (VRI).

"Sudah dikomunikasikan dengan VRI akan segera diperbaiki," ujar Zaenal.

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved