Breaking News:

Ratusan Makam di TPU Cikadut Dibongkar Lagi Setelah Hasil Swab Negatif, Ada Jenazah yang Sudah Busuk

Pemindahan jenazah itu setelah keluarga membawa surat keterangan hasil swab yang menunjukkan anggota keluarga mereka yang meninggal

Istimewa
Para penggali kubur di TPU Cikadut bekerja ekstra di masa pandemi Covid-19 ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Tidak semua jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid 19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cikadut, jenazahnya terkonfirmasi positif. 

Faktanya, selama pandemi Covid 19, ratusan jenazah yang dimakamkan secara Covid 19, jenazahnya dibungkus plastik kemudian dimasukkan peti lalu dikubur, banyak yang dipindahkan oleh keluarga.

Pemindahan jenazah itu setelah keluarga membawa surat keterangan hasil swab yang menunjukkan anggota keluarga mereka yang meninggal dan dimakamkan secara protokol Covid 19, terbukti negatif. 

Petugas Dinas Tata Ruang Pemkot Bandung, Sudrajat, sehari-hari bertugas di TPU Cikadut menerangkan, selama ini memang banyak keluarga yang memindahkan jenazahnya. 

"Iya banyak jenazah yang dipindahkan setelah keluarga membawa surat keterangan bahwa jenazah yang sudah dikubur itu negatif Covid 19," ucap Sudrajat saat dihubungi via ponselnya, Kamis (11/3/2021).

Baca juga: Krisdayanti Duduk Bersebelahan dengan Ashanty Saat Lamaran Aurel, Kompak Pakai Kebaya Ungu

Baca juga: KUMPULAN Kata-kata Selamat Hari Raya Nyepi 2021, Cocok Dijadikan Status, Bagikan ke Orang Terdekat

Baca juga: Bekas Pemain Liverpool Bakal Gabung Persib Bandung, Update Terus di IG Soal Persib, Sudah Ngebet

Mereka yang dimakamkan dengan protokol Covid 19, rata-rata meninggal dengan gejala Covid 19 namun hasil swab tesnya belum keluar. Jenazah kemudian dibungkus plastik, dimasukan peti kemudian dikuburkan.

"Memang bisa dipindahkan asal ada surat keterangan negatif dan ada surat izin dari otoritas pemakaman yang akan menerima jenazah. Kalau tidak ada surat negatifnya kami juga tidak berani," ucap dia.

Fajar Ifana (38), koordinator tukang pikul peti jenazah, punya banyak cerita ihwal pemindahan jenazah itu. Jenazah yang sudah dikubur kemudian digali setelah dipastikan negatif. 

"Istilahnya meninggal dicovid kan karena saat pemakaman, keluarga belum menerima hasil swab-nya. Setelah ada hasil, keluarga datang kesini dan memindahkan jenazahnya ke pemakaman keluarga atau pemakaman lain. Catatan kami mah ada sampai ratusan lah jenazah yang dipindahkan, setelah dinyatakan negatif," ucap Fajar.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved