Breaking News:

Info Gempa Hari Ini

Ribuan Warga Panik Saat Gempa Besar 8,1 SR Mengguncang Selandia Baru, Sirene Tsunami Berbunyi

Gempa bumi besar itu berkekuatan magnitudo 8,1 skala Richter dan memicu peringatan tsunami di seluruh dunia.

Penulis: Machmud Mubarok | Editor: Machmud Mubarok
geonet.org.nz
Gempa bumi berkekuatan 8,1 Skala Richter mengguncang Selandia Baru. 

TRIBUNCIREBON.COM - Ribuan warga Selandia Baru panik saat tanah yang mereka pijak goyang diguncang gempa, Jumat (5/3/2021). Gempa bumi besar itu berkekuatan magnitudo 8,1 skala Richter dan memicu peringatan tsunami di seluruh dunia.

Sebagaimana dilansir dari abcnews.go.com, selain itu, salah satu gempa bumi terbesar yang melanda Pasifik Selatan dalam sejarah modern memaksa ribuan orang di Selandia Baru.

Namun tidak ada korban luka atau kerusakan besar karena melanda di lautan terpencil. .

Gempa 8,1 skala Richter adalah yang terbesar dalam serangkaian gempa yang melanda wilayah tersebut selama beberapa jam, termasuk dua gempa sebelumnya yang berkekuatan 7,4 dan 7,3 skala Richter.

Gempa bumi memicu sistem peringatan dan menyebabkan kemacetan lalu lintas dan beberapa kekacauan di Selandia Baru. Orang-orang bergegas untuk mencapai tempat yang lebih tinggi, tetapi keterpencilan mereka berarti tidak menimbulkan ancaman luas bagi kehidupan atau infrastruktur.

Baca juga: JADWAL Pertandingan Timnas U-23 vs Tira Persikabo Malam Ini di Indosiar, Cek Link Streamingnya

Baca juga: INI Sosok Dadang Subur, Pecatur Asal Bandung yang Kalahkan Gamer Catur Dunia, Akunnya Diblok

Baca juga: Andin Hilang di Ikatan Cinta Episode 189, Faktanya Amanda Manopo Memang Tumbang, Ini Penyakitnya

Gempa terbesar melanda sekitar 1.000 kilometer (620 mil) di lepas pantai Selandia Baru. Salah satu gempa sebelumnya menghantam lebih dekat ke Selandia Baru dan membangunkan banyak orang karena mereka merasakan getaran yang panjang dan bergemuruh.

“Semoga semua baik-baik saja di luar sana,” Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menulis di Facebook pada malam itu.

Setelah gempa terbesar, otoritas pertahanan sipil di Selandia Baru mengatakan kepada orang-orang di beberapa daerah pesisir untuk segera pergi ke tempat yang lebih tinggi. Mereka mengatakan tsunami yang merusak mungkin terjadi, dan gelombang bisa mencapai hingga 3 meter (10 kaki).

Menteri Manajemen Darurat Kiri Allan mengatakan kepada wartawan bahwa orang-orang telah mengikuti arahan tersebut.

“Mereka merasakan gempa bumi yang panjang atau kuat dan mereka tahu untuk mengambil tas mereka dan pergi ke dataran tinggi,” katanya. "Saya hanya bisa berterima kasih dan mengakui upaya tak kenal lelah dari pria dan wanita dari atas dan bawah pantai yang tahu bagaimana harus bertindak, kapan harus bertindak, dan apa yang harus dilakukan."

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved