Breaking News:

Imbas Banjir di Semarang, Sejumlah Perjalanan Kereta Api yang Melintasi Cirebon Dialihkan ke Selatan

Sejumlah kereta api yang melintas di wilayah Semarang mengalami perubahan pola operasi, harus memutar jalur selatan

TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Sejumlah penumpang saat akan menaiki kereta api di Stasiun Cirebon, Jl Inspeksi, Kota Cirebon, Sabtu (11/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh yang melintasi jalur utara di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dialihkan ke jalur selatan.

Hal tersebut diakibatkan imbas banjir yang merendam sejumlah wilayah PT Daop 4 Semarang sejak Minggu (7/2/2021).

Hujan yang mengguyur sejumlah daerah beberapa waktu terakhir mengakibatkan beberapa prasarana jalur rel kereta api tidak dapat dilalui.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto, mengatakan, hingga kini sejumlah kereta api dari dan ke Semarang maupun Surabaya yang melintasi jalur utara dialihkan ke jalur selatan.

"Sejumlah kereta api yang melintas di wilayah Semarang mengalami perubahan pola operasi, harus memutar jalur selatan," kata Suprapto melalui pesan singkat yang diterima Tribuncirebon.com, Senin (8/2/2021).

Putri Anne Marah dan Tulis Ini Saat Arya Saloka Disebut Bisa Cinlok dan Selingkuh sama Amanda Manopo

INI Sosok Oktavianus Nongkok Perwira TNI AD Asal Papua, Dapat Hadiah Spesial dari Jenderal Andika

TERUNGKAP Latar Belakang Pelaku Membunuh Weni Wanita yang Tewas Ditusuk Bambu, Bermula Soal Chatting

Ia mengatakan, rute yang seharusnya melewati Semarang - Tegal - Cirebon, diubah menjadi Solo - Kroya - Purwokerto - Cirebon.

Karenanya, hal itu pun berdampak pada keterlambatan jadwal kedatangan dan keberangkatan kereta api di Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

"Kami juga mengubah pola operasi perjalanan kereta api dari Jakarta menuju Surabaya yang melintasi jalur utara," ujar Suprapto.

Suprapto menyampaikan, pada Minggu kemarin terdapat tiga kereta api yang memutar ke jalur selatan, yakni KA Argo Bromo Anggrek, KA Dharmawangsa, dan KA Matarmaja

Ketiga kereta api tersebut memutar melalui jalur selatan yang meliputi Cirebon Prujakan - Purwokerto - Kroya - Solo.

"Untuk Senin pagi ini juga masih memutar, tadi KA Dharmawangsa relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi yang pola operasinya memutar," kata Suprapto. 

Sementara penumpang tujuan Pekalongan dan Semarang dialihkan menggunakan moda transportasi Bus yang telah disiapkan PT KAI.

Pihaknya memastikan seluruh unit PT KAI Daop 3 Cirebon telah disiagakan dan terus berkoordinasi agar perjalanan kereta api normal kembali.

"Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa kereta api," ujar Suprapto.

Pantai Utara dan Semarang Pun Banjir
Diberitakan sebelumnya, sebanyak 21 jadwal penerbangan dari beberapa maskapai terdampak banjir yang menggenangi landas pacu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, sehingga harus dialihkan dan ditunda akibat tingginya curah hujan.
"Sampai dengan saat ini terdapat 21 penerbangan yang terdampak baik kedatangan maupun keberangkatan dengan rute penerbangan dari dan ke Jakarta, Pangkalan Bun, Banjarmasin, Surabaya, dan Makassar," kata General Manager PT Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Hardi Ariyanto, seperti dikutip Kompas.com dari Antara, Minggu (7/2/2021).
Menurut dia, seluruh calon penumpang yang rencananya melakukan perjalanan pada hari ini akan dilakukan reschedule atau penjadwalan ulang pada penerbangan keesokan harinya.
Ia menyebut pihak maskapai segera mengirimkan SMS blast kepada penumpang yang belum menuju bandara agar dapat terinfokan sebelumnya sehingga tidak mengalami kebingungan.
"Karena akses menuju bandara terdampak banjir, maka pengelola bandara mengakomodir para penumpang yang telah berada di bandara untuk dilakukan bantuan mobilisasi ke area depan Museum Ranggawarsita untuk menghindari akses yang banjir menuju dan dari bandara yang bekerja sama dengan Lanumad Ahmad Yani menggunakan kendaraan truk TNI," ujar dia.
Hardi menjelaskan kondisi di area terminal saat cukup kondusif dan tidak terjadi penumpukan penumpang dan para petugas memberikan informasi pemberhentian operasional penerbangan hari ini melalui pengumuman dan mengarahkan penumpang menuju area pick up zone untuk keluar dari bandara menggunakan kendaraan yang telah disediakan.
"Jika terdapat penumpang yang menanyakan perihal refund ataupun reschedule penerbangannya diarahkan ke customer service maskapai terkait," kata Hardi.
Hingga saat ini, lanjut dia, kondisi landasan pacu masih tergenang air dan foreign object damage (FOD) yang dapat mengganggu operasional penerbangan jika terdapat pesawat udara yang mendarat maupun lepas landas.
Oleh karena itu petugas bandara memonitor dan terus melakukan pembersihan pada area landas pacu serta optimaliasi pengaktifan 54 unit pompa di area bandara sampai keadaan landasan pacu dinyatakan aman dan siap untuk beroperasi.
"Kami berharap cuaca akan segera membaik sehingga pembersihan pada area runway (landas pacu) dan fasilitas lainnya berjalan optimal sampai dengan bandara dapat beroperasi kembali secara normal," ujar dia.
Seperti diketahui, operasional Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani ditutup sementara mulai hari Sabtu ini hingga Minggu (7/2/2021) pukul 06.00 WIB. 
Sementara itu, perjalanan sejumlah kereta api yang melintas jalur utara Jawa Tengah terganggu akibat banjir di Semarang. Stasiun Tawang ikut terendam banjir
Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro di Semarang, Jawa Tengah, mengatakan setidaknya terdapat enam KA penumpang yang perjalanannya terganggu. Selain itu, lanjut dia, juga terdapat 10 rangkaian KA barang yang terganggu perjalanannya akibat banjir tersebut. 
Enam kereta penumpang yang perjalanannya terganggu adalah KA Argo Bromo Anggrek, KA Kaligung, KA Maharani, KA Kamandaka, KA Kedungsapur, dan KA Harina.
Ia menjelaskan PT KAI mengalihkan rute perjalanan KA yang terhambat banjir tersebut. KA Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya terpaksa dialihkan perjalanannya melalui lintas selatan.
Selain itu, perjalanan penumpang juga dialihkan dengan menggunakan bus. Ia mencontohkan penumpang KA Harina jurusan Bandung-Surabaya terpaksa diturunkan di Stasiun Poncol dan dialihkan dengan menggunakan bus ke Stasiun Brumbung. 
Adapun penumpang KA Maharani yang diturunkan di Stasiun Brumbung diangkut dengan menggunakan bus menuju Semarang.
Menurut dia, PT KAI menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan KA tersebut.
Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono menyebutkan bahwa banjir yang melanda kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah akibat curah hujan tinggi yang sudah masuk dalam kategori ekstrem.
"Data curah hujan termasuk ekstrem. Dari hitungan hidrologi, periode ulangnya setiap 50 tahun," kata dia.
Menurut dia, drainase di Kawasan Kota Lama yang sudah selesai direvitalisasi tersebut sudah didesain untuk mencegah banjir
Meski demikian, kata dia, sudah tiga pompa air yang dioperasikan untuk memompa air ke Kali Semarang.
Adapun penyebab banjir di wilayah lain di Kota Semarang, lanjut dia, selain curah hujan yang ekstrim juga diakibatkan pasang air laut yang cukup tinggi.
Ia menyebut peran pompa air dalam upaya menangani banjir Semarang in cukup menentukan.
Selain itu, menurut Basoeki Hadimoeljono, upaya revitalisasi aliran sungai-sungai di Ibu Kota Jawa Tengah ini juga terus dilakukan.
Sebelumnya, sejumlah wilayah di Kota Semarang dilanda banjir akibat hujan yang mengguyur sejak Jumat (5/2/2021) hingga Sabtu.
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved