Breaking News:

Dua Orang jadi Tersangka Korupsi Dana Hibah Pemkot Bandung 2019, Laporan Fiktif, Tak Sesuai RAB

Dua orang di Kota Bandung berinisial Us (66) dan Ar (47), pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

Istimewa
ilustrasi uang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Dua orang di Kota Bandung berinisial Us (66) dan Ar (47), pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Bandung ditetapkan tersangka dugaan korupsi dana hibah dari Pemkot Bandung anggaran 2019.

"Betul, kami menerima pelimpahan perkara dari Polrestabes Bandung. Dua orang tersangka, Us dan Ar dari FKDM Kota Bandung. Perkaranya sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Bandung untuk disidangkan," ujar Kasi Pidsus Kejari Kota Bandung, Iwan Arto Kusumo via ponselnya, Senin (8/2/2021).

Ia mengatakan, dalam kasus ini, pada 2019, Pemkot Bandung menganggarkan Rp 250 juta sebagai hibah untuk FKDM Kota Bandung.

"Dari anggaran Rp 250 juta, dalam penggunaannya tidak sesuai dengan RAB dan tidak sesuai dengan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Itu jadi salah satu perbuatan melawan hukumnya," kata dia.

Kisah Cinta Berujung Maut di Garut, Weni Dibunuh Mantan Pacar, Sempat Baikan Tapi Berubah Gegara HP

Kemudian, saat akhir tahun, kedua tersangka membuat laporan pertanggung jawaban penggunaan dana hibah dari Rp 250 juta yang diterima.

"Namun ternyata laporan pertanggung jawabannya fiktif supaya sesuai dengan NPHD," ucapnya.

Untuk mendukung penyidikan ini, penyidik menggandeng auditor untuk menghitung kerugian negara dari perbuatan melawan hukum Us dan Ar.

"Berdasarkan audit, kerugian negara sebesar Rp. 140.568.000. Perkaranya sudah didaftarkan ke pengadilan dan menunggu penetapan untuk sidang dakwaan," ujar dia.

The Next Cristiano Ronaldo Ini Cetak Gol dan Jadi Pahlawan Barcelona, Begini Komentarnya

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved