Breaking News:

Bule Inggris Gugat Hotel Luxton, Bilang Ada Kutu di Kamarnya Menginap, tapi Dimentahkan PN Bandung

Hotel Luxton Bandung mementahkan gugatan warga negara asing (WNA) asal Inggris, Maria Cristina Enriquez Ong

Istimewa
ilustrasi kutu kasur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNCIREBON.COM, BANDUNG - Hotel Luxton Bandung mementahkan gugatan warga negara asing (WNA) asal Inggris, Maria Cristina Enriquez Ong yang menggugat Hotel Luxton ke Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Khusus Bandung karena dugaan ada kutu di hotel itu. 

‎Gugatan WNA asal Inggris itu bermula saat dia menginap di Hotel Luxton pada pertengahan 2018. Setelah menginap dan tiba di Inggris, Maria mengalami gatal-gatal di tubuhnya dan menuduh ada serangga di hotel itu. 

Pada Desember 2019, Maria lewat kuasa hukumya di Bandung, Sutarjo, menggugat Hotel Luxton ke Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus Bandung dengan nomor perkara 522/Pdt.G/e-court/2019/PN.Bdg. 

Namun, pada 7 Juli 2020‎, majelis hakim yang terdiri dari Yuswardi selaku ketua dan Rifandaru Eriambodo Setiawan dan Wasdi Permana selaku anggota majelis, menolak gugatan Maria seluruhnya. 

Baca juga: 2 Nakes Positif Covid-19, Beberapa Pelayanan di Puskesmas Cigugur Pangandaran Berhenti Sementara

"Dengan fakta-fakta dan pengujian gugatan di persidangan, maka sangat perlu kami jelaskan dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan The Luxton Hotel Bandung dan PT Dago Paradise terhadap Maria Cristina Ong tidak terbukti," kata Sutarjo, kuasa hukum Maria via ponselnya, Jumat (8/1/2020).

‎Ia menjelaskan, selama persidangan, dihadirkan sejumlah saksi untuk menguji apakah benar Maria mengalami gatal-gatal gara-gara menginap di Hotel Luxton.

"Bahwa selama persidangan, Hotel Luxton dapat membuktikan kondisi higienis atas hotelnya sebagaimana tertuang dalam sertifikat laik hygiene sanitasi hotel yang dikeluarkan Dinkes Pemkot Bandung, sebagaimana Permenkes Nomor 80/Menkes/Per/II/1990 yang telah dibuktikan di persidangan," katanya.

Sementara itu, kuasa hukum Hotel Luxton, Revi Putu Sukanda menambahkan, dengan putusan itu, secara hukum, tuduhan WNA asal Inggris itu tidak terbukti.

"Pengadilan jadi ajang untuk pembuktian dan menguji tuduhan serta gugatan. Gugatan yang dilayangkan penggugat ke PN Bandung, nyata-nyata ditolak oleh majelis hakim. Artinya, tuduhan Maria itu tidak terbukti," kata Revi via ponselnya.

Hotel Luxton ,kata dia, sebagai hotel terkemuka di Kota Bandung, mengedepankan kebersihan. Apalagi, di tengah pandemi Covid-19, kebersihan dan kehigienisan seluruh tempat dan pegawainya jadi perhatian.

"Tentunya sebagai hotel terkemuka, kami memastikan hotel itu terjamin kebersihan dan kehigienisannya. Apalagi sekarang di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved