Breaking News:

Mengenal Lebih Jauh Burung Hantu Tyto Alba, Punya Julukan 'Si Predator', tapi Sahabat Sejati Petani

Pasalnya, mereka mampu memangsa 3 sampai 5 ekor tikus dalam sehari dengan kemampuan jangkauan memburu sejauh 300-500 meter.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Penangkaran burung hantu di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Rabu (6/1/2021). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Burung hantu rupanya merupakan sahabat sejati para petani

//

Pasalnya, mereka mampu memangsa 3 sampai 5 ekor tikus dalam sehari dengan kemampuan jangkauan memburu sejauh 300-500 meter.

Hal inilah yang melandasi Kelompok Tani Sejahtera di Desa/Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu mendirikan sebuah penangkaran burung hantu jenis Tyto Alba.

Pengendali organisme penganggu tumbuhan (POPT) Kecamatan Juntinyuat, Tri Rohaetin mengatakan, penangkaran ini merupakan program dari Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian.

"Tujuan dari penangkaran ini adalah termasuk bagian dalam upaya pengendalian hama tikus di sawah," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Rabu (6/1/2021).

Tri Rohaetin menjelaskan, populasi hama tikus yang ada di Desa Juntinyuat serangannya cukup tinggi.

Oleh karena itu, pemanfaatan burung hantu sebagai predator sejati sangat efektif dan aman terhadap lingkungan dalam menekan populasi hama tikus karena dilakukan secara alami.

Selain penangkaran, di sana juga diproduksi Rumah Burung Hantu (Rubuha) yang nantinya akan menjadi tempat tinggal dari burung berukuran besar tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved