Breaking News:

Temuan Diduga Candi di Indramayu Bakal Jadi Temuan Besar, Pemkab Berharap Jadi Objek Wisata Baru

Pemerintah daerah pun berinisiatif untuk menjadikan temuan itu sebagai tempat pariwisata yang dapat menarik dikunjungi banyak wisatawan.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Ekskavasi yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten dan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu itu berlokasi di Blok Dingkel Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Temuan objek diduga cagar budaya (ODCB) berupa candi di Kabupaten Indramayu bakal menjadi temuan besar.

Pemerintah daerah pun berinisiatif untuk menjadikan temuan itu sebagai tempat pariwisata yang dapat menarik dikunjungi banyak wisatawan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Indramayu, Carsim mengatakan, sehinga ke kedepan bisa menjadi peluang ekonomi bagi masyarakat setempat, termasuk menambah pemasukan kas daerah.

"Kami memberi apresiasi yang tinggi untuk seluruh tim yanbg terlibat proyek ekskavasi tersebut," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (18/12/2020).

Baca juga: Ekskavasi di Lokasi Dugaan Candi di Indramayu Berlanjut Tahun Depan, Bukti-bukti Bermunculan

Baca juga: Peneliti Minta Masyarakat Tak Merusak Lokasi Temuan Diduga Candi di Indramayu karena Hal Ini

Masih disampaikan Carsim, pemerintah daerah siap memfasilitasi agar ekskavasi atau penelitian terhadap dugaan candi itu bisa terungkap secara lengkap.

Kendati demikian, pemerintah masih menunggu laporan hasil ekskavasi dan rekomendasi dari tim gabungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.

Salinan laporan itu nantinya akan ditindaklanjuti untuk mengambil langkah selanjutnya dalam upaya penyelamatan situs.

"Dasarnya nanti rekomendasi BPCB seperti apa. Itu (rekomenadasi) akan dijadikan rujukan bagi pemkab untuk mengambil langkah berikutnya," ucap dia.

BPCB Banten sendiri sebelumnya sudah melakukan ekskavasi mulai tanggal 2-11 Desember 2020.

Halaman
12
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved