Breaking News:

Virus Corona Kuningan

Buntut Klaster Ponpes Al Mutawally Kuningan, Ratusan Warga Sekitar Pesantren Ikuti Swab Massal

mayoritas warga yang diswab merupakan warga yang lokasi rumahnya berada di sekitar Ponpes Al-Mutawally.

Tribuncirebon.com/ Ahmad Ripai
kegiatan tim medis Kuningan saat lakukan swab tes massaldi Aula Kantor Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Senin (30/11/2020). 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN - Ratusan warga Desa Bojong, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan mengikuti tes swab massal yang digelar di Aula Balai Desa Bojong, Senin (30/11/2020) pagi.

"Warga berdatangan mulai sekitar pukul 09.40 WIB, dan warga pun tampak antusias datang mengikuti tes swab massal yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan ini," ungkap Kepala Desa Bojong Nurul Komariah saat ditemui tadi.

Nurul menuturkan jika Covid-19 ini bukan merupakan penyakit yang mesti ditutup-tutupi alias aib.

"Ini virus yang mengganggu kestabilan pada jiwa seseorang yang mesti dilakukan perlawanan, salah satunya dengan lakukan swab tes ini," kata Nurul seraya menyambut warga yang datang untuk mengikuti tes swab massal.

"Covid-19 ini bukan aib, jadi terimakasih bagi semua warga yang sudah datang kesini (Balai Desa Bojong) untuk mengikuti swab. Jangan lupa selalu jaga kesehatan," katanya.

Nurul mengatakan, mayoritas warga yang diswab merupakan warga yang lokasi rumahnya berada di sekitar Ponpes Al-Mutawally.

"Hari ini kata Nurul ada lebih dari 100 warga yang diundang untuk mengikuti swab tersebut," katanya.

Diketahui sebelumnya, jumlah orang yang positif terpapar Covid-19 di klaster Ponpes Al-Mutawally Kuningan, bertambah menjadi 150 orang dari total 156 orang yang diswab.

Baca juga: 10 Orang Tewas dalam Kecelakaan Maut di Tol Cipali KM 78 Dini Hari Tadi, Begini Kronologisnya

Baca juga: Konsumsi Bawang Merah Sebelum Tidur Khasiatnya Dahsyat, Gairah Seksual Akan Meningkat

"Awal keluar hasil swab itu ada sebanyak 102 orang yang semuanya santri Al-Mutawally positif Covid-19. Namun pada Jumat sore tadi, ada penambahan 48 orang yang dinyatakan terpapar Covid-19," katanya.

Jumlah 156 penghuni Ponpes Al-Mutawally yang sebelumnya reaktif Covid-19 dan menjalani swab.

"Ada 150 orang dinyatakan positif terpapar dan untuk dua orang yang hasil swabnya negatif sudah menjalani swab ulang karena berinteraksi dengan orang-orang yang kini dinyatakan positif," katanya.

Kapolres Kuningan, AKBP Lukman SD Malik mengatakan, pihaknya tentu mengikuti prosedural dan aturan dalam protokol kesehatan.

"Untuk kawasan sekitar Klaster dilakukan PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Mikro, red) dan lingkungannya sekitarnya dilakukan pengawasan," katanya. 

Baca juga: Warga Ketakutan Semburan Gas Liar di Indramayu Muncul Lagi, Khawatir Terjadi Bencana Lapindo

Baca juga: Semburan Gas Liar di Indramayu yang Muncul Kembali Berpotensi Besar Terjadi Kebakaran

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved