Breaking News:

Bangga, Aplikasi Si Belmi Jadi Wakil Indramayu Dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2020

Aplikasi ini sebelumnya berhasil menyisihkan sebanyak 176 proposal inovasi lainnya dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Ana Rodiana (40) saat menunjukan aplikasi Si Belmi di SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu, Kamis (22/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Aplikasi Si Belmi masuk dalam kategori Top 32 sekaligus menjadi perwakilan Kabupaten Indramayu dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2020.

Hal tersebut disampaikan Plt Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Indramayu, Caridin kepada Tribuncirebon.com, Kamis (22/10/2020).

Baca juga: Mengenai Video Gus Nur dan Refly Harun, Komandan Densus 99 PP GP Ansor Imbau Warga NU Tetap Tenang

Caridin mengatakan, aplikasi Si Belmi ini merupakan akronim dari Solusi Belajar Bahasa Inggris di Masa Pandemi.

Aplikasi ini sebelumnya berhasil menyisihkan sebanyak 176 proposal inovasi lainnya dari berbagai daerah di Provinsi Jawa Barat.

"Inovasi Si Belmi lahir di masa pandemi Covid-19  berupa pembelajaran jarak jauh. Inovasi ini digunakan untuk menjawab kebuntuan sekolah yang melakukan kebijakan belajar dari rumah," ujar dia.

Baca juga: Sejak Ada Aplikasi Si Belmi, Kemampuan Bahasa Inggris Siswa SMP Unggulan Sindang Indramayu Meningkat

Ia menjelaskan, aplikasi berbasis game pelajaran Bahasa Inggris ini diciptakan oleh seorang Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri Unggulan Sindang Indramagu, Ana Rodiana (40).

Menurut Caridin, aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena memberikan sensasi belajar sekaligus bermain game.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan lebih karena bisa digunakan offline sehingga tidak terkendala oleh kuota internet maupun sinyal.

Baca juga: Guru di Indramayu Ini Ciptakan Aplikasi Si Belmi, Siswa Bisa Belajar Bahasa Inggris Sambil Main Game

" Si Belmi juga merupakan digital game yang kreatif dan inovatif, sehingga dalam aplikasi ini tidak melulu belajar, tapi ada game atau permainannya yang membuat siswa tidak merasa jenuh, malahan jadi tertarik," katanya.

Ia berharap, aplikasi tersebut bisa kembali mengalahkan inovasi lainnya yang ikut berkompetisi dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2020.

Sementara itu, Guru Bahasa Inggris SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu, Ana Rodiana mengaku bersyukur inovasi yang ia ciptakan bisa tembus Top 32.

Baca juga: Bioskop XXI Bakal Segera Buka di 10 Kota Termasuk di Bandung, Siap-siap Nonton Pakai Protokol Covid

Padahal, niat awal diciptakannya aplikasi tersebut guna memudahkan para siswa belajar Bahasa Inggris agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.

"Alhmadulillah Si Belmi masuk kategori Top 32 di Kompetisi Inovasi Jawa Barat 2020. Minta doanya agar Si Belmi bisa masuk 10 besar dan jadi yang terbaik," ujar dia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved