Breaking News:

Unik Jeruk Segeran Indramayu, Hanya Bisa Berbuah di Desa Segeran dan Segeran Kidul Saja

Walau sudah dicoba ditanam di daerah lain, termasuk desa sebelah. Jeruk yang satu ini meski bisa tumbuh akan tetapi tidak bisa berbuah.

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Mumu Mujahidin
handhika Rahman/Tribuncirebon.com
Para pengunjung saat memetik Jeruk Segeran langsung dari kebunnya di Agrowisata Petik Jeruk Segeran di Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Minggu (11/10/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Tidak banyak yang mengetahui bahwa jeruk segeran yang memiliki rasa asam manis rupanya hanya bisa tumbuh subur di Kabupaten Indramayu.

Jeruk tersebut tepatnya hanya bisa berbuah di Desa Segeran dan Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu saja.

Walau sudah dicoba ditanam di daerah lain, termasuk desa sebelah. Jeruk yang satu ini meski bisa tumbuh akan tetapi tidak bisa berbuah.

Jeruk Segeran Jadi Potensi Lokal Unggulan Kabupaten Indramayu Selain Buah Mangga

Petik Jeruk Langsung dari Pohonnya dan Makan Sepuasnya di Agrowisata Jeruk Segaran Indramayu

"Kami belum mendapatkan penelitian secara ilmiah mengapa jeruk segaran ini hanya bisa ditanami di sini, tapi tidak bisa di desa lain," ujar pengelola Agrowisata Petik Jeruk Segeran, Taufiqurrohman kepada Tribuncirebon.com, Minggu (11/10/2020).

Taufiqurrohman menyampaikan, jeruk ini awalnya ditanam pertama kali pada tahun sekitar 1980 dan tumbuh subur di desa setempat.

Rasa dari jeruk segeran pun berbeda dibanding jeruk-jeruk lain pada umumnya.

Yakni terdapat rasa asam sebesar 20 persen dan rasa manis 80 persen.

Sesuai namanya, gabungan dari rasa tersebut menimbulkan sensasi segar saat dinikmati.

Uniknya lagi, setelah dimakan rasa dari jeruk segeran ini tetap menempel di lidah dalam kurun waktu beberapa menit dan tidak langsung menghilang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved