Breaking News:

Sutarman Mengaku Gelar Profesornya Diberi Langsung oleh Presiden Soekarno, Hasil KKN di Alam

Pengakuan itu disampaikan langsung oleh Sutarman saat sejumlah wartawan menanyakan mengenai titel tersebut.

Editor: Fauzie Pradita Abbas
Tangkapan layar video
Pimpinan Paguyuban Tunggal Rahayu Garut, Sutarman, dan penasihat hukum, seusai pemeriksaan di Mapolres Garut, Kamis (10/9/2020). 

TRIBUNCIREBON.COM, GARUT - Titel profesor, doktor, insinyur, hingga sarjana hukum yang disandang pimpinan Paguyuban Tunggal Rahayu, Sutarman alias Cakraningrat disebut merupakan pemberian dari Soekarno dan Hatta.

Pengakuan itu disampaikan langsung oleh Sutarman saat sejumlah wartawan menanyakan mengenai titel tersebut. ( gelar profesor milik Sutarman pemberian Sukarno dan hasil dari KKN di alam )

Sutarman mengaku memiliki berbagai gelar itu dari hasil kuliah kerja nyata di alam.

Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Garut Wahyudidjaya menunjukkan berkas oganisasi atau paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu, Selasa (8/9/2020).
Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Garut Wahyudidjaya menunjukkan berkas oganisasi atau paguyuban Kandang Wesi Tunggul Rahayu, Selasa (8/9/2020). (KOMPAS.COM/ARI MAULANA KARANG)

Titel mentereng itu dicantumkan Sutarman dalam data organisasi yang diajukan ke Kebangpol Garut saat mengajukan perizinan.

Persoalan titel tersebut juga tengah disidik polisi.

Sutarman menyebut menempuh pendidikan formal hingga tingkat aliyah atau SMA. Usai itu, ia berkuliah di alam dan langsung melakukan kuliah kerja nyata.

"Secara lahiriah saya keluaran aliyah. Tahun 1996 saya dikuliahkan secara kerja nyata oleh orangtua dari perintis NKRI dan selesai pada 2017," ucap Sutarman kepada Tribun Jabar, Jumat (11/9/2020).

Ia mengaku tak mengenyam bangku universitas.

Namun mempunyai gelar setelah bersekolah di alam.

Berbagai titel itu diberikan kepadanya sebagai wasiat dan amanat.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved