Breaking News:

Wisata Kuningan

Menikmati Akhir Pekan di Curug Tenjo Layar, Objek Wisata Kaki Gunung Ciremai, Tiket Masuk Rp 5 Ribu

Curug Tenjo Layar yang berada di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan.

Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai
Kawasan objek wisata Curug Tenjo Layar di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kuningan 
Laporan Kontributor Kuningan,Ahmad Ripai
TRIBUNCIREBON.COM, KUNINGAN – Curug Tenjo Layar yang berada di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, kini menambah jajaran destinasi wisata di Wilayah sekitar.
//
Sebelumnya telah ada objek wisata Cibulan yang berada di Desa Maniskidul, Curug Cidomba yang berada di Peusing, dan Taman Pahlawan yang memiliki lingkungan alam balong dalem yang berada di Desa Babakan.
Menurut Ivan, pengelola Objek Wisata Curug Tenjo Layar, saat ditemui di kawasan objek wisata Curug Tenjo Layar, mengatakan bahwa lokasi atau kawasan Curug Tenjo Layar.
“Mulai dilakukan penggarapan itu sejak tahun 2017,” kata Ivan saat menyampaikan kepada wartawan, Minggu (30/8/2020).
Ivan mengatakan, penggarapan itu dilakukan melalui kegiatan kepemudaan yang tergabung dalam Karang Taruna Ciremai Muda.
“Dulu kami melihatnya, bahwa kawasan Curug Tenjo Layar ini memiliki potensi wisata alam yang tak kalah jauh keindahan alam dan lingkungannnya, dengan objek wisata lain,” katanya.
Seiring berjalan waktu, kata dia, kawasan wisata Curug Tenjo Layar ini memiliki fasilitas yang dilengapi dengan kolam renang.
“Sekaligus sebagai embung (situ), Kolam terapi ikan dan sejumlah titik spot untuk berfoto,” kata Ivan seraya menyebutkan untuk harga tiket masuk itu sebesar Rp 5 ribu untuk setiap satu orang pengunjung. 
 
Tidak hanya itu, kata dia, kawasan Curug Tenjo Layar juga memiliki nilai edukasi.
”Dimana masih di lokasi sekitar tenjo layar, ada pos pengamatan satwa jenis elang bondol,” katanya.
Perlakukan seperti ini, kata dia,sebelumnya mendapat kerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) dalam melestarikan kawasan hutan sekitar.
“Antara lain bentuk kerjasama itu melalui pembinaan terhadap warga atau pemuda desa, dalam melakukan atau mengelola wisata sekitar,” ungkapnya.
 Kawasan Curug Tenjo Layar, kata dia, belakangan mendapat sambutan baik dari warganet dan sejumlah pengunjung saat berdatang langsung.
Fasilitas kolam renang di kawasan objek wisata Curug Tenjo Layar di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kuningan
Fasilitas kolam renang di kawasan objek wisata Curug Tenjo Layar di Desa Sangkanerang, Kecamatan Jalaksana, Kuningan (Kontributor Tribuncirebon.com/Ahmad Ripai)
 
“Sebab, belum lama ini. Kami melakukan uji coba dan Alhamdulillah respon pengunjung dari luar daerah pun datang,” katanya.
Masa penataan yang terus dilakukan, kata dia, melihat perkembangan dari uji coba pembukaan wisata.
“Ada sebanyak 200 pengunjung yang datang dan lebih banyak lagi warganet yang menanyakan langsung di sosial media,” katanya.
Untuk bisa mengunjungi lokasi wisata Curug Tenjo Layar, ini bisa di akses melalui jalur darat.
Seperti dari arah utara itu, bisa dari Jalan Desa Peusing atau arah timurnya itu bisa masuk dari Jalan Desa Maniskidul. (*)
Penulis: Ahmad Ripai
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved