Breaking News:

Usaha Kreatif BUMDes Bisa Percepat Pulihkan Ekonomi Masyarakat Indramayu

Sebagai contoh, mereka bisa memanfaatkan kondisi Covid-19 sekarang ini dengan memproduksi masker kain, hand sanitizer dan alat pelindung diri lainnya.

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat, Selasa (11/8/2020) 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Pemkab Indramayu meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk lebih kreatif lagi dalam membangun potensi perekonomian.

Sebagai contoh, mereka bisa memanfaatkan kondisi Covid-19 sekarang ini dengan memproduksi masker kain, hand sanitizer dan alat pelindung diri lainnya.

Plt Bupati Indramayu, Taufik Hidayat pun berjanji pemerintah daerah akan mendukung penuh usaha tersebut dengan membeli keperluan penanganan Covid-19 yang diproduksi secara lokal oleh BUMDes.

"Jika itu bisa diproduksi maka Pemda Indramayu pun dalam memenuhi kebutuhan alat perang Covid-19 bisa membelinya langsung dari prodak lokal buatan BUMDes di Indramayu," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Jumat (14/8/2020).

Untuk menunjang usaha tersebut, Taufik Hidayat mengaku sudah memberikan pelatihan kepada para BUMDes pada Kamis kemarin.

Pemerintah pun memberi kemudahan melalui permodalan yang bisa digunakan untuk usaha-usaha tersebut.

Yakni, permodalan melalui Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), hingga bantuan provinsi (Banprov) atau bantuan pusat.

Facebook Pribadi Bupati Majalengka Dibajak Orang, Minta Transfer Uang Covid-19, Ini Kata Bupati

Link Pengumuman Hasil SBMPTN 2020, Dibuka Hari Ini, Cek Apakah Kamu Lolos atau Tidak?

"Artinya BUMDes harus mengemban amanah untuk membangun usaha ditingkat desa dengan mandiri, efektif, efesien dan profesional," ujarnya.

Alternatif lainnya, BUMDes juga bisa menumbuh kembangkan usaha dari sektor mikro seperti home industri yang menjadi kekhasan desa setempat.

Atau dengan cara memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) sehingga menjadi komoditi unggulan yang layak dijual.

Jika usaha-usaha itu bisa berjalan dengan baik, ekonomi masyarakat yang sebelumnya terdampak akibat pandemi pun bisa secepatnya dipulihkan.

“Setiap BUMDes di Kabupaten Indramayu harus optimis dalam membangun usaha pedesaan baik memanfaatkan potensi desa atau membangun program bersama antar BUMDes lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu Sugeng Heryanto mengatakan, kondisi keberadaan BUMDes di Kabupaten Indramayu saat ini berjumlah 309 BUMDes.

Update Daftar Harga Hp Oppo Agustus 2020: Mulai dari A1K, A5, A9, F11, F15, Reno3 hingga Reno4

Kumpulan Gambar HUT RI ke-75 Lengkap dengan 20 Quotes Soekarno Bertema Kemerdekaan Indonesia

Dengan rincian, sebesar 60 persen masih berada dalam starta berkembamg, 25 persen starta maju, dan 15 persen starta dasar.

“Alhamdulillah ada beberapa BUMDes yang sudah menonjol kiprahnya ditingkat provinsi, dan sekarang telah kita dorong untuk bisa bekerjasama dengan pihak-pihak lain," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved