Breaking News:

Kemerdekaan Indonesia

Proklamasi Tidak Dilakukan di Istana Merdeka tapi di Tempat Ini, Kenapa?

Agustus menjadi bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, kembali ke 75 tahun lalu, kali pertama kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan.

Editor: Mumu Mujahidin
ISTIMEWA Via Kompas.com
Foto karya Frans Mendur yang mengabadikan Presiden Soekarno membacakan naskah proklamasi di Jalan Pegangsaan Timur, Nomor 56, Cikini, Jakarta.(-) 

TRIBUNCIREBON.COM - Tahukah Anda jika pembacaan teks proklamasi tidak dibacakan di Istana Merdeka?

Lalu dimanakah pembacaan teks prolamasi yang dibacakan Soekarno?

Agustus menjadi bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, kembali ke 75 tahun lalu, kali pertama kemerdekaan bangsa ini diproklamirkan.

Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17-8-'05

Wakil-wakil bangsa Indonesia

Naskah proklamasi ini ditulis tangan dan dibacakan oleh Ir Soekarno, di kediamannya yang dulu beralamatkan di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56. 

"Atau sekarang bernama Jalan Proklamasi. Tetapi sekarang proklamasi diselenggarakan di Istana Merdeka," ujar sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/8/2020).

Perbedaan Teks Proklamasi Tulisan Tangan dengan Versi Ketikan Sayuti Melik, Begini Perumusannya

Kata-kata Mutiara Hari Kemerdekaan Lengkap dengan Quotes Soekarno untuk Dibagikan di Medsos

Istana Merdeka bekas rumah Gubernur Jenderal 

Mengingat setiap tahun peringatan kemerdekaan diselenggarakan di Istana Merdeka, kata Bondan, tak mengherankan jika banyak anak muda membayangkan peristiwa penting ini dilakukan di tempat yang sama.

"Padahal Istana Merdeka yang sekarang, dulunya adalah kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Jadi agak ironi, kita merayakan kemerdekaan kita justru di jantung kolonialisme," jelas Bondan.

Sementara, kediaman Soekarno yang menjadi saksi bersejarah dari peristiwa penting ini sudah tak ada lagi dan berganti menjadi sebuah gedung.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved