Breaking News:

Sultan Sepuh XIV Meninggal Dunia

Sultan Sepuh XIV Arief Natadiningrat Akan Dimakamkan di Astana Gunung Jati, Dekat Makam Sunan

Selanjutnya setelah proses penerimaan jenazah dan disalatkan di Keraton Kasepuhan, jenazah akan dimakamkan di Astana Gunung Jati Cirebon

Tribun Jabar/ Siti Masithoh
Makam Sunan Gunung Jati di Astana Gunung Jati. Foto diambil saat Acara Grebeg Syawalan di Makam Sunan Gunungjati, Jumat (22/6/2018). 

TRIBUNCIREBON.COM - Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Bandung, Rabu (21/7/2020) sekitar pukul 05.20 WIB.

Sebelumnya Sultan Sepuh XIV dikabarkan sakit dan akan menjalani kemoterapi di rumah sakit tersebut. 

Informasi yang diperoleh dari putra beliau, PR Luqman Zulkaedin, melalui WAG, jenazah Sultan Sepuh XIV rencananya akan diberangkatkan dari Bandung sekitar pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya setelah proses penerimaan jenazah dan disalatkan di Keraton Kasepuhan, jenazah akan dimakamkan di Astana Gunung Jati Cirebon.

Astana Gunung Jati berada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Di permakaman inilah dimakamkan leluhur para sultan Cirebon, Sunan Gunung Jati.

Dilansir dari indonesiakaya.com, makam Sunan Gunung Jati berada di sebuah kompleks pemakaman yang terletak di atas lahan seluas lima hektare, dan dibagi menjadi dua kompleks makam.

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Lengkap Jadwal Puasa Dzulhijjah Sebelum Idul Adha

Daftar Harga Terbaru HP Vivo Juli 2020, Harga Mulai Rp 1,7 Jutaan hingga Vivo X50 Rp 6,9 Jutaan

Peringatan Dini BMKG: Jabar & Jabodetabek Potensi Hujan Disertai Angin Puting Beliung, dan Petir

Kompleks utamanya adalah kompleks tempat makam Sunan Gunung Jati berada, yaitu di Gunung Sembung, yang memuat sekitar 500 makam.

Di lokasi ini, terdapat juga makam istri Sunan Gunung Jati, yaitu Putri Ong Tien Nio (Nyi Ratu Rara Semanding) yang berasal dari negeri China. Putri Ong Tien Nio merupakan putri Kaisar Hong Gie dari Dinasti Ming. Jadi tidak heran jika begitu banyak keramik yang menghiasi kompleks permakaman ini.

Sebelumnya diberitakan, 

Kabar duka datang dari Keraton Kasupuhan Cirebon, Jawa Barat.

Halaman
123
Penulis: Machmud Mubarok
Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved