Mobil Low MPV Bekas Banyak Peminat, Harga Xpander Masih Tinggi, Toyota Avanza Meraja

Bukan hanya mendominasi penjualan di segmen mobil baru, geliat mobil-mobil Low MPV juga turut menggairahkan bursa jual beli mobil bekas

KOMPAS.COM
Penjualan pasar mobil bekas 

TRIBUNCIREBON.COM - Segmen mobil paling gemuk di Indonesia? Tentu Jawabannya: mobil model Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil jenis ini banyak diminati terutama yang bermain di kelas entry level atau Low MPV, sebagai model kelas bawah.

Bukan hanya mendominasi penjualan di segmen mobil baru, geliat mobil-mobil Low MPV juga turut menggairahkan bursa jual beli mobil bekas (mobkas).

Apalagi pertarungan di segmen ini cukup ketat. Diisi oleh nama yang sudah tidak asing, semisal Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Nissan Livina.

Andi, pedagang mobkas Jordy Motor MGK Kemayoran, Jakarta, mengatakan, untuk harga mobkas LMPV paling tinggi sekarang ialah Xpander, mengalahkan duet Avanza-Xenia atau Mobilio.

Cari Moge di Bawah Harga Rp 100 Juta? Simak Daftar Harga Moge Bekas Berikut

"Untuk Avanza dan Xenia hitungannya jauh di bawah Xpander. Avanza Xenia punya mesin 1.300, di tahun produksi yang sama bisa dibanderol di angka Rp 140 jutaan," kata Andi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Adapun di pasaran mobkas, Xpander tahun produksi 2017-2018 awal dibanderol sekitar Rp 220 jutaan untuk varian teratas yakni Ultimate dengan transmisi otomatis.

Ini Daftar Harga Mobil Isuzu Panther Bekas, Mulai Harga Rp 90 Jutaan Masih Banyak Peminat

Khusus untuk Avanza, Eko Wiyono, Pengelola Bursa Mobil BSD, sekaligus salah satu penjual mobkas dari showroom Tekno Bursa Mobil, mengatakan Avanza varian yang tinggi yakni tipe G dan Veloz lebih laku daripada yang bawah Tipe E.

"Ada mindset di masyarakat itu tipe terendah. Padahal mesin, eksterior dan interior tidak beda jauh, paling bedanya Tipe E belum ada fog lamp dan spionnya masih manual," kata Eko.

Kisaran harga mobkas Low MPV:

- Toyota Avanza 2012-2019: Rp 85 juta - Rp 180 juta
- Daihatsu Xenia 2012- 2019: Rp 80 juta - Rp 180 juta
- Mitsubishi Xpander 2017-2019: Rp 199 juta - Rp 235 juta
- Suzuki Ertiga 2013-2019: Rp 118 juta - Rp 188 juta
- Nissan Livina 2012: Rp 90 juta

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Harga Mobil Bekas Juni 2020, Xpander Termahal di Kelas MPV Murah"
Penulis : Gilang Satria
Editor : Aditya Maulana

Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved