Si Abah, Macan Tutul Gunung Sawal Alami Stres dan Diare, Akhirnya Dibawa ke Bandung Zoo Garden

Keberadaan si Abah mudah dikenali karena di lehernya dipasang kalung radio colar (chips). Tahun 2018 si Abah juga pernah masuk perangkap di lokasi yan

ISTIMEWA
Macan tutul penguasa Gunung Sawal yang kembali masuk perangkap di Blok Cilumpang Desa Cikupa Kecamatan Lumbung Ciamis, Kamis (25/6) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS - Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh (medical chek up) oleh tim dokter hewan dari Kanwil BKSDA Jabar yang melibat dua orang dokter hewan dan tiga orang perawat satwa, akhirnya Si Abah dievakuasi ke Bandung Jumat (26/6) pukul 19.00 malam.

Untuk sementara macan tutul "penguasa" Gunung Sawal tersebut dititipkan di Kebon Binatang Bandung (Bandung Zoo Garden) guna rehabilitasi agar Si Abah cepat kembali pulih.

Setelah masuk perangkap warga si Abah mengalami stres, tertekan ketakutan dan juga mengalami diare.

"Untuk sementara si Abah dititipkan dulu di Bonbin Bandung, diserahperawatan ke Bandung karena di Ciamis peralatan medis terbatas demikian juga petugasnya," ujar Kabid BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis, Andi Witria SHut MSi kepada Tribun Sabtu (27/6).

 Si Abah, macan tutul jawa (Phantera pardus melas) yang berusia 12 tahun dengan berat 35 kg dan keberadaannya dominan di hutan suaka margasatwa Gunung Sawal masuk perangkap yang dipasang warga di Blok Cilumpang Desa Cikupa Kecamatan Lumbung Ciamis Kamis (25/6) pukul 06.00 pagi.

Keberadaan si Abah mudah dikenali karena di lehernya dipasang kalung radio colar (chips). Tahun 2018 si Abah juga pernah masuk perangkap di lokasi yang sama.

Informasinya empat bulan terakhir warga Blok Cilumpang resah menyusul banyaknya hewan ternak yang hilang diduga dimangsa binatang buas, seperti domba, anjing maupun ayam.

Akhirnya warga memasang perangkap karangkeng besi dengan umpan seekor anjing. Akhirnya Kamis (25/6) pagi sekitar pukul 06.00 si Abah diketahui sudah masuk perangkap.

Setelah melakukan negosiasi dengan warga, akhirnya petugas BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis berhasil mengevakuasi macan tutul penghuni hutan Gunung Sawal tersebut Kamis (25/6) sorenya dan disimpan sementara di Resort XIX Gunung Sawal di Imbanagara.

Halaman
12
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved