Breaking News:

Tes Swab Massal

Begini Suasana Tes Swab Massal di Majalengka, Peserta Lewati Dua Tahap

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Majalengka resmi menggelar tes swab massal kepada 60 peserta.

Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Suasana kegiatan tes swab oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 di halaman Kantor Dinas Kesehatan Majalengka, Kamis (11/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Majalengka resmi menggelar tes swab massal kepada 60 Orang Tanpa Gejala (OTG) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Majalengka, Kamis (11/6/2020).

Kegiatan itu digelar di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka.

Pantauan Tribuncirebon.com, kegiatan itu juga dijaga ketat oleh petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan BPBD Majalengka yang berjaga di sejumlah titik di sekitar lokasi kegiatan.

Ratusan Pedagang Pasar Leuwipanjang Deg-degan Menunggu Hasil Rapid Test, Pekan Lalu Ada yang Positif

Tim Gugus Tugas juga membatasi aktivitas masyarakat yang hendak berkunjung ke kantor dinas tersebut dengan harus mengikuti beberpa pemeriksaan, seperti cek suhu tubuh, cuci tangan dan gunakan hand sanitizer.

Untuk para peserta tes swab, ada pintu khusus yang disediakan demi mencegah interaksi dengan massyatakat lainnya.

Tampak, para peserta tes swab itu mengantre di pintu masuk untuk mendapatkan giliran.

Baru Melahirkan, Wanita yang Positif Covid-19 di Indramayu Ini Harus Terpisahkan Dengan Sang Bayi

Ada 2 tahap yang harus dilakukan para peserta untuk dapat mengikuti tas swab tersebut, yakni registrasi dan pemeriksaan swab melalui usap tenggorokan.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi yang datang langsung untuk memantau kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya sengaja menyasarkan kepada para OTG dan ODP, karena kategori warga tersebut dinilai yang paling rentan.

Pihaknya secara sistemik terus menyusun program tersebut dan tidak sembarangan melalukan tes dimana-mana dan ada di sembarang tempat.

PSBB Tahap Ketiga Akan Berakhir, Pemkab Indramayu Belum Berencana Membuka Kembali Tempat Wisata

"Kita berangkat dari upaya tim gerak cepat dalam bentuk di gugus tugas ini mengindentifikasi masyarakat dengan klasifikasi OTG, ODP, dan PDP."

"Dari awal, kita kurang tertarik dengan Rapid tes karena kita ingin betul-betul memastikan dalam menentukan posisi seseorang. Makanya, kita mengambil langkah gelaran tes swab kepada kelompok OTG dan ODP sebanyak 60 orang," ujar Bupati, Kamis (11/6/2020).

Sementara, Jubir Tim Gugus Covid-19 Majalengka, Alimudin menyampaikan seluruh sampel tes swab tersebut nantinya akan dibawa ke laboratorium di fakultas kedokteran UGJ Cirebon.

Hasilnya, akan diketahui pada tiga hari ke depan.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved