Breaking News:

Positif Corona Kab Cirebon Bertambah

Begini Teknis Swab Test Massal yang Bakal Dilaksanakan di Kabupaten Cirebon, Targetkan 1.000 Orang

Hal itu, menurut dia, bergantung pada kategori orang yang akan dites dan risiko yang dimilikinya.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: Mumu Mujahidin
Istimewa
Gambar mikroskop elektron transmisi menunjukkan virus corona SARS-CoV-2, juga dikenal sebagai 2019-nCoV, virus coronavirus yang menyebabkan COVID-19 
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi
TRIBUNCIREBON.COM, CIREBON - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon bakal melaksanakan tes swab massal dalam waktu dekat.
Juru Bicara Pusat Data dan Informasi Covid-19 (Pusicov) Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, mengatakan, teknis pelaksanaan tes swab massal itupun berbeda-beda.
Hal itu, menurut dia, bergantung pada kategori orang yang akan dites dan risiko yang dimilikinya.
"Teknis tentunya berbeda, misalnya untuk orang tanpa gejala (OTG) akan dilakukan dua kali swab," ujar Nanang Ruhyana saat ditemui di Labkesda Kabupaten Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/5/2020).
Sebab, OTG termasuk segmen yang kontak erat dengan pasien yang dinyatakan positif Covid-19.
Ia mengatakan, uji swab terhadap OTG dilakukan pada hari pertama dan hari ke-14 masa karantina mandiri sesuai masa inkubasi virus corona.
Sementara untuk orang yang kontak erat dengan pasien dalam pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) tes swabnya dilaksanakan di hari pertama dan kedua masa karantina mandiri.
Selain itu, pasien yang telah dinyatakan positif akan dilakukan uji swab setiap lima hari sekali setelah dinyatakan terpapar virus corona.
"Tepatnya pada hari kelima dan ke-10 setelah yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19," kata Nanang Ruhyana.
Nanang menyampaikan khusus uji swab terhadap pemudik hanya dilakukan satu kali, yakni saat baru tiba di Kabupaten Cirebon.
Pasalnya, tes swab terhadap pemudik dilakukan untuk mengetahui apakah di dalam tubuhnya terdapat virus corona atau tidak.
Pihaknya memastikan akurasi tes swab massal yang akan dilakukan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) mencapai 100 persen.
"Tes swab ini akurasinya hampir 100 persen, jadi kalau hasilnya positif bisa langsung dilakukan penanganan lebih lanjut," ujar Nanang Ruhyana.
Target 1.000 Swab Test

 Tes swab massal Covid-19 akan dilaksanakan di Kabupaten Cirebon dalam waktu dekat.

Juru Bicara Pusat Data dan Informasi Covid-19 (Pusicov) Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana, mengakui tes swab massal itu tidak dilaksanakan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon.

Menurut dia, pada tahap pertama tes swab massal itu ditargetkan untuk 1000 orang.

"Nanti hasilnya seperti apa tentunya akan dievaluasi dulu untuk melihat efektivitasnya," kata Nanang Ruhyana saat ditemui di Labkesda Kabupaten Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Selasa (12/5/2020).

Ia mengatakan, jika tes swab itu telah dilaksanakan terhadap 1000 orang maka akan dilihat perkembangan kasusnya.

Selanjutnya pihaknya akan mengkaji hasil uji swab massal tersebut untuk memetakan sebaran Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Setelah dipetakan nantinya akan diketahui tingkat penyebarannya di setiap kecamatan se-Kabupaten Cirebon.

Peringatan Dini Cuaca, Besok Rabu 13 Mei 2020: Jabar Berpotensi Hujan Lebat, Cek Wilayah Lainnya

Daging Babi Beredar di Bandung, Begini Cara Bedakan Daging Sapi, Daging Babi dan Celeng

"Nanti penanganannya juga akan difokuskan di kecamatan yang sebarannya paling banyak," ujar Nanang Ruhyana.

Ia mengakui saat ini penanganan belum bisa difokuskan karena saat ini masih belum diketahui penyebarannya.

Padahal, menurut Nanang, terdapat 21 dari total 40 kecamatan se-Kabupaten Cirebon yang data penyebaran pasien positif Covid-19, PDP, dan ODP paling banyak.

"Dalam tahap awal ini kami masih buta kecamatan mana yang sebarannya paling banyak, mungkin setelah tes swab massal baru diketahui," kata Nanang Ruhyana.

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved