Breaking News:

Virus Corona

Satu Warga Kota Cimahi Dinyatakan Positif Covid-19, Kini Diisolasi di Rumahnya

Satu orang warga Kota Cimahi dinyatakan positif terjangkit virus corona atau (Covid-19)

IRNA
Ilustrasi Virus Corona 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, CIMAHI - Satu orang warga Kota Cimahi dinyatakan positif terjangkit virus corona atau (Covid-19)

Sehingga, selama dua hari ini, warga tersebut harus diisolasi di rumahnya.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Walikota Cimahi, Ajay M Priatna saat melakukan penyemprotan disinfektan di Pura Wira Lokanatha Cimahi, Minggu (22/3/2020).

"Saya informasikan bahwa ada 1 orang warga Kota Cimahi yang saat ini berstatus positif Covid-19," ujarnya seusai melakukan kegiatan penyemprotan.

Kendati demikian, Ajay meminta masyarakat Kota Cimahi untuk tetap tenang dan harus mulai menerapkan social distancing serta tidak menganggap remeh penyebaran virus asal Kota Wuhan China tersebut.

"Kalau tidak urgen keluar rumah, lebih baik diam di rumah. Jangan bepergian dan liburan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan segera mempertimbangkan untuk peningkatan status siaga Covid-19 dan akan melarang adanya perkumpulan massa di semua wilayah Kota Cimahi.

"Kalau sebelumnya masih ada perkumpulan massa, saat ini kami larang ada aktivitas massa lebih dari 10 orang," ucap Ajay.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi, mengatakan pasien tersebut saat ini mengisolasi diri sendiri di rumahnya, bahkan keluarganya yang saat ini masuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) turut diisolasi.

"Satu orang yang positif Covid-19 itu diisolasi di rumah tapi beda ruangan. Pihak kecamatan dan kelurahan sudah tahu dan melakukan pemantauan jarak jauh juga," katanya.

Menurut Pratiwi, pasien tersebut tidak dirujuk ke rumah sakit karena tidak sakit dan tidak mengalami gejala klinis, tetapi berdasarkan uji laboratorium, dalam darahnya terdapat kandungan Covid-19.

"Jadi kita awasi kondisi kesehatannya melalui telepon. Saat ini baru dua hari pengawasannya" katanya.

Penyebab Terpapar virus corona

Dinas Kesehatan Kota Cimahi menyebutkan, satu orang yang dinyatakan postif terpapar virus Corona (Covid-19) itu setelah kontak langsung dengan orang yang baru saja pulang dari luar negeri.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengatakan, setelah kontak dengan orang tersebut, dia langsung melapor ke Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan.

"Yang bersangkutan kontak dengan orang yang ada riwayat perjalanan ke luar negeri," ujarnya sesuai melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di Pura Wira Lokanatha Cimahi, Minggu (22/3/2020).

Pratiwi mengatakan, untuk pihak keluarga dan orang terdekat yang sempat melakukan kontak dengan pasien positif tersebut akan dilakukan rapid tes oleh Dinas Kesehatan.

"Selain itu, pasien positif itu juga akan kita lakukan uji ulang untuk memastikan hasilnya, karena ditakutkan ada false," ucapnya.

Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved