Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemkab Indramayu Lakukan Sejumlah Langkah Strategis Ini

Pemda Indramayu melalukan langkah strategis menyikapi adanya satu orang pasien positif virus corona atau Covid-19 di Cirebon

Tribuncirebon.com/Handhika Rahman
Jajaran pemerintah daerah bersama TNI-Polri dan masyarakat saat membersihkan komplek luar masjid Islamic Centre Indramayu (Syekh Abdul Manan), Minggu (15/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNCIREBON.COM, INDRAMAYU - Jajaran pemerintah daerah Kabupaten Indramayu melalukan langkah strategis menyikapi adanya satu orang pasien positif virus corona atau Covid-19 di Cirebon.

Langkah strategis itu salah satunya dilakukan dengan cara bersih-bersih di komplek Islamic Centre Indramayu (Syekh Abdul Manan) bersama unsur TNI-Polri beserta masyarakat.

Plt Bupati Indramayu mengatakan, sekecil apapun seluruh kegiatan yang dapat mencegah tersebar luasnya virus corona akan dilakukan, teruma upaya yang menyasar tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian.

"Dalam upaya pencegahan virus corona, karena ini merupakan tempat keramaian yang banyak di singgahi oleh masyarakat baik yang melakukan ibadah maupun untuk menikmati keindahan islamic oleh karena itu kita lakukan bersih-bersih," ujar dia kepada Tribuncirebon.com di sela-sela kegiatan, Minggu (15/3/2020).

Pantauan Tribuncirebon.com, seluruh komplek baik di dalam masjid yang merupakan tempat beribadah dan luar masjid yang biasa digunakan masyarakat untuk bersantai tidak luput untuk dibersihkan.

Pada kesempatan itu juga dilakukan aksi cuci tangan yang baik dan benar guna mengurangi dampak tersebarnya virus corona.

Selain kegiatan bersih-bersih, disampaikan Taufik Hidayat, pihaknya juga akan dilakukan penyemprotan disinfektan atau bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran.

Penyemprotan itu pun akan dilakukan disejumlah titik keramaian, seperti stasiun, terminal, pasar, tempat wisata, pelabuhan dan lain-lain.

Selain penyemprotan disinfektan, pemerintah juga akan memfasilitasi tempat-tempat keramaian dengan alat thermoscan atau alat pengukur suhu badan.

"Untuk nelayan mencari ikan di luar indramayu, di stasiun juga sama, dengan alat thermoscan ini akan kita cek paling tidak suhu badannya berapa," ujar dia.

Penulis: Handhika Rahman
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved