Atasi Banjir, Kodim 0617 Majalengka Prioritaskan Pengerukan Sungai Cibitung

Akibat meluapnya air dari sungai tersebut, Desa Kasturi menjadi langganan banjir hingga ketinggian sekitar 30 centimeter sampai 1 meter.

Atasi Banjir, Kodim 0617 Majalengka Prioritaskan Pengerukan Sungai Cibitung
Tribuncirebon.com/Eki Yulianto
Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah saat meninjau area pesawahan yang kebanjiran di Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Selasa (11/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON, MAJALENGKA- Dalam mengatasi banjir di Kabupaten Majalengka khususnya di Desa Kasturi, Kecamatan Cikijing, Kabupaten Majalengka, Kodim 0617 Majalengka akan memprioritaskan pengerukan Sungai Cibitung.

Hal ini mengingat, Sungai Cibitung tersebut selalu meluap ketika hujan deras terus terjadi di wilayah tersebut.

Lucinta Luna Ditangkap, Polisi Kebingungan Simpan Pacar Abash di Sel Perempuan atau Laki-laki

Dandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah mengatakan, akibat meluapnya air dari sungai tersebut, Desa Kasturi menjadi langganan banjir hingga ketinggian sekitar 30 centimeter sampai 1 meter.

Tak hanya itu, banjir juga menggenangi area pesawahan dan sejumlah rumah yang ikut terdampak jika terjadi banjir.

"Tindakan yang kita lakukan saat ini, yaitu, akan segera berkordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan darurat agar luapan air Sungai Cilutung tidak langsung ke pemukiman dan pesawahan," ujar Letkol Inf Harry Subarkah, Selasa (11/2/2020).

Ratnawati, Istri Anggota DPR RI Herman Khaeron Daftar Maju Ke Pilkada Indramayu 2020

Menkes Terawan Merasa Dihina Peneliti Harvard yang Sebut Virus Corona Tak Terdeteksi di Indonesia

Letkol Inf Harry Subarkah mengatakan, pengerukan terhadap Sungai Cibitung menjadi prioritas supaya aliran sungai tersebut menuju sungai Cibodas tidak terhambat.

"Kami imbau kepada warga masyarakat Majalengka, agar tetap wasada segala bentuk bencana alam pada musim penghujan tahun ini," ucapnya.

Jika hujan deras dengan intensitas terjadi di Desa Kasturi yang berdekatan dengan Sungai Cibitung akan mengakibatkan banjir.

VIDEO - Truk Tabrak Empat Rumah dan Dua Mobil di Gunungjati Cirebon, Beruntung Penghuni Selamat

Banjir itu, akan menggenangi area pesawahan dan pemukiman warga.

Letkol Inf Harry Subarkah menambahkan, setidaknya akan ada sawah yang terdampak seluas puluhan hektar jika banjir Sungai Cibitung terus meluap.

"Total sawah yang terdampak seluas 40 hektar dengan kerugian petani diperkirakan mencapai Rp 1.5 miliar. Sedangkan, dampak yang ditimbulkan padi dengan jenis varietas inpari 42 atau umur tanam 15-30 Hari Setelah Tanam (HST)," katanya.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mutiara Suci Erlanti
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved