4 Pejabat Pemkab Majalengka Bakal Bertarung Memperebutkan Kursi Sekda Majalengka, Ini Tahapannya

Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Muhamad Solihin, Jumat (7/2/2020).

4 Pejabat Pemkab Majalengka Bakal Bertarung Memperebutkan Kursi Sekda Majalengka, Ini Tahapannya
Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Suasana seleksi calon Sekretaris Sekda Pemkab Majalengka yang diikuti 4 calon 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Eki Yulianto

TRIBUNCIREBON.COM, MAJALENGKA - Ada empat tahapan penyeleksian dalam perebutan kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka.

Hal ini disampaikan, Ketua Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Muhamad Solihin, Jumat (7/2/2020).

Disampaikannya, tahapan seleksi administrasi merupakan awal dalam penyeleksian tersebut.

Penyeleksian itu telah dilakukannya pada Minggu lalu yang meloloskan empat kandidat calon.

"Tahapan seleksi itu sudah dimulai sejak beberapa minggu yang lalu ya, dimulai dari seleksi administrasi. Terus kemarin, ada 2 seleksi yang baru dilaksanakan, yaitu seleksi penulisan makalah dan assestkent," ujarnya.

Setelah itu, lanjut Solihin, setidaknya ada dua tahapan lagi yang harus dilaksanakan sebelum benar-benar mendapatkan kandidat calon Sekda tersebut.

Yakni, tes wawancara dan tes kesehatan.

BPBD Pemkab Cirebon Ungkap Penyebab Banjir yang Merendam Tujuh Desa di Kecamatan Susukan

Catat Tanggalnya, Jadwal Tes SKB CPNS 2019: Tahapan Selanjutnya Setelah Lolos Seleksi Tes SKD

"Dua tahapan itu akan dilaksanakan pada Minggu depan. Setelah itu, Panitia Seleksi (Panpel) menyerahkan ke Pejabat Penilaian Kerja (PPK) Kabupaten, sebanyak tiga besar (peserta). Kalau tidak salah, tanggal 17-18 Februari lah, karena ini kemauan Bupati juga agar tidak terlalu lama," ucapnya.

Lebih jauh Solihin menambahkan, proses penyeleksian dengan sistem terbuka (open bidding sendiri, itu telah sesuai dengan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sejak diterbitkannya UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN diwajibkan di seluruh Indonesia untuk melaksanan seleksi open bidding dan proses seleksi Sekda ini dilaksanakan oleh Pemerintah Majalengka sesuai dengan ketentuan UU tersebut untuk penempatan pejabat pimpinan tinggi Pratama," kata Solihin.

Adapun, keempat kandidat calon Sekda tersebut, yaitu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Agus Permana, Inspektur (Kepala Inspektorat), Noor Sudjatmiko, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR), Eman Suherman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rd Umar Ma’ruf.

Penulis: Eki Yulianto
Editor: Mumu Mujahidin
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved