Di Tempat Anda Ada Sarang Tawon? Nih, Tips Singkirkan Sarang Tawon dari Ahlinya

"Iya biasanya jika ada sarangnya pasti ada tawonnya, dan itu tidak bisa dianggap enteng, jika sudah ada tanda-tanda

Di Tempat Anda Ada Sarang Tawon? Nih, Tips Singkirkan Sarang Tawon dari Ahlinya
(Istimewa/Dokumentasi Damkar Kabupaten Bogor)
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor sektor Ciomas mengevakuasi sarang tawon raksasa yang menggantung di sebuah pohon, Selasa (26/11/2019) malam. 

TRIBUNCIREBON.COM - Keberadaan sarang tawon di pemukiman sering kali membuat penghuni rumah dan warga di lingkungan sekitar ketakutan.

Komandan Regu 2 Sektor Ciomas, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor R Herdy HS, mengatakan bahwa damkar sektor Ciomas sudah hampir 10 kali dalam sebulan melakukan evakuasi sarang tawon.

Herdy juga mengingatkan bahwa keberadaan sarang tawon tidak bisa dipandang sebelah mata.

Hal itu dikarenakan keberadaan sarang tawon biasanya dibarengi dengan adanya komplotan tawon.

"Iya biasanya jika ada sarangnya pasti ada tawonnya, dan itu tidak bisa dianggap enteng, jika sudah ada tanda-tanda atau ada sarang tawon kecil lebih baik langsung dipindahkan," katanya.

Herdy menjelaskan untuk melakukan evakuasi sarang tawon tidak bisa asal-asalan.

Perlu dilakukan pemantauan terlebih dahulu.

Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor sektor Ciomas mengevakuasi sarang tawon raksasa yang menggantung di sebuah pohon, Selasa (26/11/2019) malam.
Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor sektor Ciomas mengevakuasi sarang tawon raksasa yang menggantung di sebuah pohon, Selasa (26/11/2019) malam. ((Istimewa/Dokumentasi Damkar Kabupaten Bogor))

"Iya dipantau dulu, biasanya mereka kumpul itu ketika malam kalau siang tawon itu berkeliaran mencari makan, nah setelah sarang tawon hilang juga biasanya masih ada satu atau dua tawon yang masih mencari sarangnya," katanya.

Ia pun mengimbau jika sarang tawon tumbuh dan hadir secara liar lebih baik segera dievakuasi.

Usik Sarang Tawon, 4 Pelajar di Garut Disengat Hingga Satu Orang Tewas Gara-gara Sengatannya

"Kalau tawon seperti itu tidak ada madunya jadi tidak perlu dipiara karena mereka juga liar, kalau masih kecil bisa dievakusi sendiri tapi jika kondisi sudah besar lebih baik laporkan kepada aparatur setempat RT atau RW dan kemudian bisa melaporkan kepada Damkar untuk evakuasi," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved