34 Rumah di Cililin Terdampak Hujan Angin Hari Ini, 2 Diantaranya Alami Kerusakan Berat

Dua rumah di Kampung Cintakarya RT 3/8, Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak parah akibat

34 Rumah di Cililin Terdampak Hujan Angin Hari Ini, 2 Diantaranya Alami Kerusakan Berat
(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNCIREBON.COM, CILILIN - Dua rumah di Kampung Cintakarya RT 3/8, Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak parah akibat diterjang angin kencang dan hujan deras pada Senin (25/11/2019).

Dua rumah tersebut milik Amin (58) dan Ugun (34), sehingga dua Kepala Keluarga (KK) tersebut harus mengungsi ke rumah kerabatnya, sebelum rumahnya dilakukan perbaikan.

"Hasil investigasi di lapangan dampak dari hujan deras yang di sertai angin kencang, terdata kerusakan dua rumah rusak berat dan 2 KK mengungsi," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Syaiful Uyun saat dihubungi, Selasa (26/11/2019).

Kerusakan rumah tersebut, dari atapnya ambrol hingga dindingnya jebol, sehingga keluarga tersebut terpakasa diungsikan karena kondisi rumahnya bisa membahayakan kedua keluarga tersebut.

Sementara untuk rumah lain yang juga terdampak bencana tersebut, kata dia, hanya mengalami rusak ringan, rata-rata bagian atapnya hancur terbawa angin kencang.

"Selain itu atap bangunan bak sampah Pasar Cililin ambruk menimpa satu unit mobil warga dan kabel listrik jaringan utama PLN. Untuk jaringan listrik sudah di perbaiki," katanya.

Tak hanya itu, angin kencang juga, menyebabkan, papan reklame ambruk, tetapi hal ini dipastikan tidak menyebabkan kerusakan pada bangunan yang lain. Namun dua pohon besar yang tumbang di Jalan Raya Cililin menimpa pagar dan kabel telkom hingga menyebabkan kerusakan.

"Dua pohon besar tumbang menutupi jalan arah Rumah Sakit Cililn. Tapi untuk pohon tumbang semuanya sudah di bersihkan," kata Syaiful.

Ketua RW 8, Desa Cililin, Aat mengatakan, hingga saat ini warga yang terdampak angin kencang dibantu oleh kerabatnya yang berdatangan untuk memperbaiki kerusakan.

Hujan Angin Mengamuk di Cimahi dan KBB, Pohon Tumbang Timpa Motor, 7 Rumah Warga Cililin Rusak

Hujan Angin Robohkan Aula, Timpa Puluhan Siswa SMKN 1 Miri Sragen, Sebagian Alami Patah Tulang

Atap Masjid ABRI di Kota Cimahi Terbang Akibat Hujan Disertai Angin Kencang, Kaca Masjid Pun Pecah

"Namun belum ada bantuan dari pihak manapun kepada warga yang terdampak. Sementara ini masih swadaya. Material yang masih bisa dipakai ya dipakai lagi," katanya.

Diberitakan sebelumnya, akibat hujan deras dan angin kencang menerjang Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyebabkan 34 rumah dan dua bangunan di Pasar Cililin rusak dan 8 pohon tumbang.

"Bangunan totalnya ada 34 rumah dan 2 bangunan Pasar Cililin yang kena. Rusak berat 1 rumah, 8 rumah rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Kerusakan terberat yakni diding rumah jebol sedangkan yang ringan hanya atap yang rusak," ujar Camat Cililin Endang Ahdiat.

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved