Pengerjaan SOR Watubelah Sudah Habiskan Rp 228,4 Miliar Tapi Belum Rampung, Ada Apa Ya?

Pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Watubelah di Jalan Fatahillah, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon

Pengerjaan SOR Watubelah Sudah Habiskan Rp 228,4 Miliar Tapi Belum Rampung, Ada Apa Ya?
Tribun Jabar/Hakim Baihaki
Pembangunan proyek SOR Watubelah 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Watubelah di Jalan Fatahillah, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 228,4 miliar.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Tribun Jabar, pembangunan stadion tersebut dicanangkan pada 2011, kemudian pertama dibangun pada 2012, dengan anggaran sebanyak Rp 19 miliar, namun terhenti pada 2013.

Pada 2014,‎ pelaksanaan tahap kedua kembali dilaksanakan dengan anggaran sebesar Rp 33 miliar dari APBD Provinsi Jawa Barat, pembangunan tersebut yakni pengerjaan struktur tribun stadion.

Kemudian pada 2015‎, pembangunan sarana olahraga tersebut kembali dilanjutkan dengan pengerjaan Tribun bagian utara, selatan, barat, dan timur serta pembangunan lapangan, sebanyak Rp 20 milyar.

Di 2016, Provinsi Jawa Barat kembali menggelontorkan dana sebesar Rp 30 miliar dan Rp 50 miliar pada 2017, namun pada 2017 hingga 2019 pertengahan terhenti karena bersamaan dengan penyelenggaraan pilkada.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Cirebon, Sukma Nugraha, mengatakan, pada 2019, pembangunan stadion kembali dilanjutkan, dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar dari APBD Provinsi dan Rp 30 miliar dari APBD kabupaten.

Pada 2019, kata Sukma, ada beberapa pengerjaan, yakni pengerjaan struktur, kolom bulat, tribun, pekerjaan lantai, plafon, saniter,pekerjaan kacas stop, pekerjaan menikal, dan elektrikal.

"Untuk pengerjaan tahun ini memiliki sisa waktu 35 hari lagi, itu belum beres dan Stadion ini tidak sama dengan yang di Bekasi, di sini keterbatasan anggaran," kata Sukma saat meninjau lokasi pembangunan SOR Watubelah, Rabu (6/11/2019).

Puluhan PKL Kelapa Bongkar Kiosnya Masing-masing Dampak Proyek Pembangunan Sport Center Watubelah

Begini Curahan Hati PKL Penjual Kelapa Sekitar Stadion Watubelah Cirebon Yang Akan Tergusur

Pembangunan Stadion Watubelah Cirebon Siap Dilanjut, Butuh Anggaran Rp 500 Miliar Hingga Rampung

Pantauan Tribun Jabar di lokasi, puluhan pekerja tengah berupaya merampungkan sejumlah bagian stadion, alat berat pun terlihat hilir mudik di pelataran sarana olahraga tersebut.

Untuk pembangunan lanjutan 2019 ini, dilakukan oleh perusahaan, yakni PT Azabanar dengan nilai sebesar Rp44.675.403.000 dan PT Arafah Alam Sejahtera, Rp 32.776.677.000.

‎Bupati Cirebon, Imron Rosyadi, mengatakan, dalam waktu dekat masyarakat Kabupaten Cirebon akan memiliki stadion kebanggaan‎.

Diharapkan, kata Imron, akan meningkatkan semangat dan kecintaan masyarakat terhadap olahraga, sehingga dapat berprestasi.

"Saya tadi keliling dan melihat, ini stadion sangat besar. Berharap segera rampung, agar memajukan sepakbola daerah Cirebon, supaya seperti saya waktu kecil," katanya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved