Mulai Kesulitan Air Bersih, Warga Cirebon Berharap Musim Kemarau Berakhir dan Datang Hujan

Warga Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, berharap, musim hujan segera berlangsung

Mulai Kesulitan Air Bersih, Warga Cirebon Berharap Musim Kemarau Berakhir dan Datang Hujan
DOK ACT
Ilustrasi 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Warga Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, berharap musim hujan segera berlangsung, sehingga kebutuhan air bersih dapat terpenuhi.

Imbas musim kemarau panjang di Kabupaten Cirebon salah satunya, yakni surutnya Sungai Cempaka yang melintang di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon.

Pantauan Tribun Jabar, sungai tersebut sebagian besar dalam kondisi surut. Genangan air hanya ada di beberapa titik dengan kedalaman tidak lebih dari satu meter.

Sejumlah warga pun terlihat beraktivitas di tengah Sungai Cempaka, beberapa aktivitas yang dilakukan oleh warga, yakni mencuci, mandi, hingga mengumpulkan material batu dan pasir.

Hasanudin (58), warga Desa Cempaka, menyebutkan, hingga saat ini, hujan belum kunjung turun di daerah tersebut.

"Saya lihat di daerah lain sudah hujan, di sini belum sama sekali. Masih kering," kata Hasanudin di sekitar Sungai Cempaka, Kabupaten Cirebon, Minggu (3/11/2019).

Hasanudin mengatakan, kalau ia berharap hujan segera turun di wilayah Kabupaten Cirebon, sehingga warga tak perlu susah payah memanfaatkan air dari Sungai Cempaka.

"Kalau kemarau kan banyak yang mandi dan mencuci di sungai," katanya.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kertajati Kabupaten Majalengka memprediksi awal musim hujan di Wilayah III Cirebon dan sekitarnya mengalami kemunduran dibanding biasanya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved