KISAH Imam Sales Marketing Banting Setir Jadi Perajin Kayu, Kini Bisa Raup Rp 5 Juta Per Bulan

Di tangan terampil Imam Santoso (29), warga Blok Jakatawa, Desa Pasindangan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, potongan kayu pohon sisa

KISAH Imam Sales Marketing Banting Setir Jadi Perajin Kayu, Kini Bisa Raup Rp 5 Juta Per Bulan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
kerajinan tangan dari limbah kayu 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON -‎ Di tangan terampil Imam Santoso (29), warga Blok Jakatawa, Desa Pasindangan, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, potongan kayu pohon sisa mampu disulap menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomis tinggi.

‎Sebelum menjadi seorang pengrajin, Imam, merupakan seorang pekerja bagian sales marketing di perusahaan kendaraan bermotor selama enam tahun sampai 2014.

‎Selama enam tahun bekerja sebagai sales marketing, ia mengaku hidup dalam tekanan karena terjebak rutinitas yang mengharuskan berangkat pagi dan kembali pulang pada sore hari.

‎Belum lagi, enam tahun menjadi pekerja pun, ia mengaku tidak bisa menghabiskan waktu bersama keluarga serta teman-temannya dan hanya bisa dilakukan setiap waktu di akhir pekan.

Pada pertengahan 2014, Imam memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut dan mencoba mencari peruntungan lain, yakni menjadi seorang pengrajin yang memanfaatkan limbah kayu.

"Saya pikir saya harus keluar, tidak nyaman kerja di perusahaan orang," kata Imam saat ditemui di Pameran Kreasi Anak Bangsa di GOR Ranggajati, Kabupaten Cirebon, Senin (28/10/2019).‎

Memiliki kecintaan terhadap seni dan hidup di lingkungan pengrajin, Imam berpikir bahwa potongan kayu yang tidak memiliki harga, bisa memiliki nilai ekonomis tinggi‎.

Bermodal‎kan alat sederhana berupa bor serta alat pahat, potongan limbah kayu, dibentuk menjadi beberapa kerajinan tangan, mulai pipa rokok, cincin karakter, gelang, patung, hingga lukisan realis.

Imam mengatakan, kalau keputusannya tersebut adalah yang terbaik, karena membebaskannya dari deadline atau target pekerjaan setiap harinya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved