Masuk dalam 100 Orang Perempuan Berpengaruh di Dunia, Siapa Swietenia Puspa Lestari?

Seorang wanita Indonesia masuk ke dalam daftar 100 perempuan berpengaruh dunia pada 2019 ini versi media Inggris BBC.

Masuk dalam 100 Orang Perempuan Berpengaruh di Dunia, Siapa Swietenia Puspa Lestari?
(via BBC)
Swietenia Puspa Lestari masuk dalam daftar 100 perempuan berpengaruh dunia 2019 versi BBC. Swietenia masuk dalam daftar setelah mendirikan organisasi penyelam yang fokus pada masalah sampah di laut. 

TRIBUNCIREBON.COM - Seorang wanita Indonesia masuk ke dalam daftar 100 perempuan berpengaruh dunia pada 2019 ini versi media Inggris BBC.

Swietenia Puspa Lestari berada dalam daftar karena perannya sebagai pendiri Yayasan Divers Clean Action (Yayasan Penyelam Lestari Indonesia).

DCA merupakan organisasi yang fokus kepada isu sampah di lautan dengan visi menciptakan peta sampah laut modern di Indonesia sebagai data untuk mengambil tindakan terhadap polusi laut.

Saat ini seperti dilansir BBC Rabu (16/10/2019), mereka mempunyai sekitar 1.500 penyelam yang berpartisipasi baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Swietenia Puspa Lestari juga menyebarkan kampanye #nostrawmovement di Indonesia, yang bertujuan menguransi sedotan plastik di 700 restoran.

Berdasarkan pemberitaan dari situs www.greeners.co, perempuan yang akrab disapa Tenia itu sudah melakukan 1.000 penyelaman di berbagai lokasi.

Dari pengalaman sebanyak itu, gadis yang mendapatkan lisensi sejak kelas 1 SMP itu menuturkan dia sudah mengetahui pentingnya laut bebas dari sampah.

Menurut Tenia, jika laut penuh sampah, maka ekosistem dan ikan di dalamnya bakal tercemar. Apalagi, banyak masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidup dari laut.

Dia pun mempelajari masalah konservasi laut di Amerika Serikat (AS). Di sana, dia mempelajari cara mapping, clean up, dan campaign terarah.

Sepulangnya dari AS, Swietenia dan dua orang temannya di ITB yang juga punya keresahan yang sama mendirikan Divers Clean Action.

Hujan Masih Belum Turun, Warga Perbutulan Cirebon Mandi & Buang Air di Sungai Cipager Banyak Sampah

Warga Keluhkan Adanya TPS Liar di Jalan Pangeran Kejaksan Cirebon, Sering Tercium Bau Busuk Sampah

Pulang Demo, Mahasiswa Indramayu Pungut Sampah-Sampah di Sekitaran DPRD Indramayu, Patut Dicontoh

Dia mengakui kedua orangtuanya sempat menentangnya menjadi aktivis lingkungan. Sebab, mereka menginginkan Tenia menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Namun dengan keseriusan dan totalitasnya dalam menjalankan DCA, kedua orangtua Tenia akhirnya mendukung pilihan gadis kelahiran 1994 tersebut. Dalam kutipannya di daftar 100 perempuan berpengaruh dunia versi BBC, Swietenia Puspa Lestari menulis generasi muda adalah agen perubahan.

"Sementara perempuan adalah agen perubahan dalam setiap rumah tangga yang akan menorehkan keputusan ramah lingkungan bagi masa depan," ulasnya.

Adapun pemilihan BBC's 100 Women didasarkan pada kandidat yang menjadi tajuk berita, atau menorehkan kisah inspiratif dalam 12 bulan terakhir. Para kandidat itu diseleksi berdasarkan tema yang sudah disepakati, Masa Depan Wanita, dan diukur sebelum 100 nama final dipilih. (*)

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved