Jembatan Gantung di Cirebon ini Kondisinya Reyot Bikin Waswas Pengendara Motor yang Melintas

Jembatan gantung tersebut, kata Irfan, belum pernah mengalami perbaikan secara total, bahkan beberapa bagian yang telah rusak pun hanya diperbaiki men

Jembatan Gantung di Cirebon ini Kondisinya Reyot  Bikin Waswas Pengendara Motor yang Melintas
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Ratusan warga di Kecamatan Plumbon dan Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, selama lebih dari lima tahun memanfaatkan jembatan gantung yang seringkali membahayakan pelintas. 

Laporan wartawan TribunCirebon.com, Hakim Baihaqi

TRIBUNCIREBON.COM - Ratusan warga di Kecamatan Plumbon dan Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, selama lebih dari lima tahun memanfaatkan jembatan gantung yang seringkali membahayakan pelintas.

Melintang di atas Sungai Cempaka, jembatan bambu tersebut menjadi jalur alternatif bagi para pelintas dua wilayah, yakni Desa Kejuden, Kecamatan Depok dan Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon.

‎Memiliki panjang 50 meter dan lebar 1,5 meter, jembatan tersebut bawahnya hanya dilapisi papan kayu bekas yang dikaitkan dengan tali baja, serta besi penyangga.

‎Jembatan reyot tersebut hanya bisa dilintasi oleh pejalan kaki serta pengendara roda dua, namun untuk roda dua hanya bisa dilintasi secara bergantian agar tidak terperosok ke aliran sungai.

‎Pantauan Tribun Jabar, Kamis (17/10/2019), hampir semua material jembatan mengalami kerusakan, sehingga saat ada kendaraan atau pejalan kaki yang melintas‎, jembatan tersebut pun bergoyang.

Irfan (38), warga Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, jembatan tersebut dibangun lantaran jembatan permanen yang dibangun di sekitar jembatan gantung‎ itu ambruk akibat tersapu aliran Sungai Cempaka.

Ia menambahkan, akibatnya ambruknya jembatan permanen tersebut, kira-kira tahun 2010, jembatan gantung dibangun secara swadaya oleh masyarakat, agar memudahkan warga untuk beraktivitas.

"Jembatan ini sangat membantu warga, karena kalau tidak lewat sini mesti mutar, kira-kira satu kilometer jauhnya," kata Irfan di Desa Cempaka, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Kamis (17/10/2019).

POSE Aneh Nagita Slavina di Foto Terbaru Panen Hujatan, Istri Raffi Ahmad Dibilang Seperti Bencong

Jembatan gantung tersebut, kata Irfan, belum pernah mengalami perbaikan secara total, bahkan beberapa bagian yang telah rusak pun hanya diperbaiki menggunakan material seadanya.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved