Kebakarah Hutan dan Lahan

Helikopter Water Bombing Baru Datang Rabu Sore, Api Masih Menyala di Puncak Mega dan Kawah Putih

Tim gabungan masih berupaya semaksimal mungkin agar api tidak semakin meluas dengan cara manual.

Helikopter Water Bombing Baru Datang Rabu Sore, Api Masih Menyala di Puncak Mega dan Kawah Putih
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Sekitar 10 hektare lahan kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey terbakar, Senin (7/10/2019) sore. Sampai Selasa (8/10/2019) api masih berkobar. 

Laporan Wartawan Tribun, Mumu Mujahidin

TRIBUNCIREBON.COM, RANCABALI - Helikopter Water Bombing yang akan digunakan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kawah Putih dan Malabar baru akan tiba di Lanud Sulaiman sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu (9/10/2019).

Heli Water Bombing ini merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepala Adm KPH Bandung Selatan Tony Sumarto di kawasan objek wisata Kawah Putih menuturkan hingga saat ini Karhutla masih terjadi di Petak 31A Puncak Mega Malabar.

Tim gabungan masih berupaya semaksimal mungkin agar api tidak semakin meluas dengan cara manual.

"Alhamdulillah sudah ada info dari BNPB, Water Bombing akan segera diturunkan. Ini kami masih menunggu untuk rapat teknis pemadamannya seperti apa," ujarnya di Kawah Putih tadi siang.

Tedy menuturkan berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Water Bombing rencananya akan landing di Husein Sastranegara Bandung sekitar pukul 16.00 WIB.

"Info sementara helikopter tiba di Husein sekitar jam 4 karena perjalanan dari Pekanbaru. Nanti transit di Lanud Sulaeman menuju pemadaman di Kawah Putih lanjut ke Malabar," katanya.

Tedy menambahkan untuk luas area terdampak Karhutla di Petak 31A Puncak Mega Malabar belum bertambah masih sekitar 26 hektar. Namun karena posisi titik api berada di tepi jurang yang cukup curam sehingga akses dan upaya pemadaman terhambat.

"Luas tidak bertambah masih di 26 Ha, tapi karena posisi di tepi jurang maka kita perlu melokalisir supaya tidak meluas. Posko dan kekuatan tim anggota gabungan dan lainnya masih bersiaga di lokasi," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Machmud Mubarok
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved