AS Punya Patung Liberty, Swedia Ada Patung Zlatan Ibrahimovic, Disimpan di Dekat Stadion Malmo

Sosok Zlatan Ibrahimovic diabadikan menjadi sebuah patung di kota kelahirannya, Malmo, Swedia. Patung tersebut didirikan di dekat Stadion Malmo

AS Punya Patung Liberty, Swedia Ada Patung Zlatan Ibrahimovic, Disimpan di Dekat Stadion Malmo
PRESS ASSOCIATION
Zlatan Ibrahimovic 

TRIBUNCIREBON.COM - Sosok Zlatan Ibrahimovic diabadikan menjadi sebuah patung di kota kelahirannya, Malmo, Swedia. Patung tersebut didirikan di dekat Stadion Malmo dan diresmikan oleh Ibrahimovic sendiri pada Selasa (8/10/2019).

Patung yang memiliki tinggi 2,7 meter dan berat mencapai 500 kilogram itu merupakan karya dari seniman Swedia, Peter Lindle. Diprakarsai oleh Federasi Sepak Bola Swedia (SvFF) sebagai bentuk penghormatan kepada sang pemain atas jasanya untuk persepakbolaan negara Skandinavia itu.

"Ketika kalian datang ke New York, kalian bisa melihat Patung Liberty. Ketika kalian datang ke Swedia, maka kalian memiliki Patung Zlatan," kata Ibrahimovic.

Zlatan Ibrahimovic memulai karier profesionalnya bersama klub asala kota kelahiran, Malmo FF pada 1999. Dua tahun berselang, Ibra, begitu ia akrab disapa, melanjutkan kariernya di Belanda bersama Ajax Amsterdam. Mulai dari Ajax ini, nama Ibrahimovic mulai harum dan langsung tercium klub-klub besar Eropa.

Setelah tiga musim "sekolah" di Ajax, Ibrahimovic kemudian malang melintang bersama Juventus, Inter Milan, Barcelona, Paris Sait-Germain (PSG), Manchester United, dan saat ini La Galaxy. Ibrahimovic identik dengan gelar liga domestik.

Selama kariernya, pemain 38 ini telah memenangi 13 gelar dalam 16 musim di Belanda, Italia, Spanyol, dan Perancis. Di level internasional, Ibrahimovic menjadi andalan timnas Swedia medio 2001-2006, tampil dalam 116 laga dan mencetak 62 gol.

Biografi Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimović (lahir di Malmö, Skåne län, Swedia, 3 Oktober 1981; umur 38 tahun) adalah seorang pemain sepak bola asal Swedia yang bermain sebagai penyerang untuk LA Galaxy.

Ibrahimović mengawali karier sepak dengan klub kota kelahirannya Malmö FF pada akhir 1990-an. Ia kemudian bergabung ke Ajax Amsterdam dan namanya mulai terkenal saat dilatih Ronald Koeman. Ia kemudian bergabung ke Juventus dengan nilai transfer £12 juta pada tahun 2004.

Pada tahun 2006, Ibrahimović bergabung ke Internazionale. Tiga tahun kemudian, pada jendela transfer musim panas 2009 ia bergabung ke FC Barcelona dengan nilai transfer £56,5 juta, menjadikannya pemain sepak bola termahal kedua sepanjang sejarah. Ia kemudian kembali bermain di Serie A bergabung ke A.C. Milan pada tahun 2010 sebagai pemain pinjaman. Milan kemudian membelinya secara permanen dengan nilai transfer £24 juta pada tahun 2011.

Halaman
123
Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved