Wacana Tol Bandung-Cilacap, Bupati Ciamis: Exit Tol Bakal di Cimaragas Terhubung Jembatan Betmen

Herdiat Sunarya MM menyebutkan rencana pembangunan jalan tol Bandung – Tasikmalaya – Cilacap semula akan melewati jalur wilayah Ciamis Utara

Wacana Tol Bandung-Cilacap, Bupati Ciamis: Exit Tol Bakal di Cimaragas Terhubung Jembatan Betmen
TribunCirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Ilustrasi - Pengerjaan Jalan Tol 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNCIREBON.COM, CIAMIS – Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya MM menyebutkan rencana pembangunan jalan tol Bandung – Tasikmalaya – Cilacap semula akan melewati jalur wilayah Ciamis Utara (dari Rajapolah-terus ke Cihaurbeuti-Sadananya –Baregbeg). Tetapi, berubah menjadi dari Tasikmalaya terus melintasi wilayah Ciamis Selatan ( Cimaragas-Pamarican-Banjarsari terus ke Kalipucang wilayah Pangandaran).

“Itu hasil rapat pematapan rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap di Gedung Sate beberapa hari lalu. Exit tol untuk Ciamis nanti ada di Cimaragas,” ujar Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya MM kepada para wartawan usai kegiatan sosialisasi gerakan “Magrib Mengaji dan Salat Berjamaah” di Aula Setda Ciamis, Kamis (3/10) siang.

Bila exit tol di Cimaragas tentu akan terkoneksi  dengan Jalan Lingkar Selatan dan terkoneksi dengan rencana pembangunan jembatan Betmen yang menghubungkan Benteng (Ciamis) dan Manonjaya (Tasikmalaya). Rencana pembangunan Jembatan Betmen tersebut dekat dengan genangan Bendungan Leuwikeris yang sedang dibangun. Dan akses ke Kota Banjar juga dekat.

Adanya exit tol di Cimaragas tersebut kata Bupati Herdiat akan memacu Cimaragas dan Jalan Lingkar Selatan sebagai kawasan industri.    

Tapi menurut Bupati Herdiat, tentu peluang pertumbuhan ekonomi akan berbeda bila hanya di Cimaragas hanya exit tol dan bukan gerbang utama.

“Lain halnya kalau jalan tolnya hanya sampai Cimaragas dan gerbang utamanya di Cimaragas. Tentu akan dampak pertumbuhan ekonominya ke Ciamis akan lebih besar,” katanya.

Menurut Bupati Herdiat, rencana pembangunan jalan tol Bandung-Tasikmalaya- Cilacap tersebut baru akan dimulai tahap pertama tahun 2019/2020 ini dari Bandung-Garut sampai di Tasikmalaya. Yang lewat Ciamis (tahap 2) baru mulai dibangun tahun 2024 (tahapan trase 2 Tasikmalaya-Ciamis-Banjar- Kalipucang-Cilacap).

Informasi yang diperoleh Tribun, trase pertama tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 95 km meliputi Bandung-Garut-Tasikmalaya.

Wacana Pembangunan Tol Bandung-Cilacap, Bupati Garut Siap Sediakan Akses Exit Tol

Rencana Pembangunan Tol Bandung Hingga Pangandaran, Bupati Tasikmalaya Harapkan Ini di Wilayahnya

Pemprov Bersama Kabupaten/Kota Siap Bangun Tol Sepanjang 100 KM dari Bandung ke Pangandaran

Sedangkan trase keduanya meliputi Tasikmalaya-Ciamis-Banjar- Kalipucang/Pangandaran-Cilacap sepanjang 111 km.  

Wilayah Kabupaten Ciamis yang terlewati sepanjang 33 km meliputi Cimaragas-Pamarican- Banjarsari. Rencananya ada dua exit tol di wilayah Ciamis yakni Cimaragas/Jalan Lingkar Selatan dan Kertahayu Pamarican.

Jadi jalan tol Bandung-Tasikmalaya-Cilacap tersebut tidak hanya lewat Ciamis (*)     

Editor: Muhamad Nandri Prilatama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved